Page 17 - 7. Majalah REI EDISI JULI 2024
P. 17
TOPIK KHUSUS | | |
U
U
S
S
S
S
TO
H
K K
H
U
U
K K
P
TO
P
I
I
DAYU DARA PERMATA ALIM GUNADI BAMBANG EKA JAYA
CEO DAN CO-FOUNDER PINHOME CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) WAKIL KETUA UMUM DPP REI
DAMAI PUTRA GROUP
“Untuk ukuran rumah 55-120 meter per- numbuhkan minat generasi milenial. rumah kalau disuruh pakai KPR komersial. Ini
segi juga mengalami peningkatan di Jakarta Wakil Ketua Umum DPP Realestat yang sering disebut sebagai masyarakat ber-
Timur sebesar 20%,” ujar Dara. Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya menye- penghasilan tanggung (MBT),” tegasnya.
butkan potensi pasar milenial ini memang Dia membenarkan bahwa sejak pan-
Ditopang Insentif cukup besar, sehingga harus ditanggani demi Covid-19, dari beberapa proyek deve-
Kebijakan pemerintah untuk memberi- secara multi disiplin. Tidak hanya menjadi loper yang diluncurkan, sekitar 50% dari
kan stimulus fiskal berupa pembebasan tanggung jawab pemerintah dan pengem- pembelinya merupakan generasi milenial.
PPN membawa dampak positif terhadap bang dalam penyediaannya, tetapi juga Pengembang juga sudah menyesuaikan
sektor properti di 2024, terutama dalam me- perlu support dari perbankan. Salah satu- ukuran dan desain agar sesuai dengan
numbuhkan minat membeli hunian yang nya dengan menyiapkan produk kredit de- kebutuhan para milenial. Oleh karena itu,
mayoritas didominasi kebutuhan generasi ngan bunga subsidi khusus bagi generasi harap Bambang Eka, pihaknya mendorong
milenial. milenial, diantaranya untuk mereka yang pemerintah mendatang untuk mengang-
Alim Gunadi, Chief Executive Officer berpenghasilan di atas masyarakat berpeng- garkan juga anggaran subsidi KPR untuk
(CEO) Damai Putra Group mengatakan hasilan rendah (MBR). MBT yang didominasi generasi milenial.
pertumbuhan pasar properti di tahun 2024 “Generasi milenial termasuk Gen Z itu (Teti/Rinaldi)
akan diwarnai dengan tumbuhnya tren-tren butuh rumah, tapi mereka sulit membeli
baru yang menyesuaikan dengan dinamika
pasar properti, seperti digitalisasi pemasaran
yang semakin marak untuk menangkap kon-
sumen milenial. Segmen pasar yang cukup
besar ini perlu dijangkau optimal untuk me-
narik minat mereka membeli rumah, karena
milenial adalah pasar yang sudah melek dan
adaptable dengan teknologi.
“Indonesia menerima bonus demografi
yang sangat besar di 2045, dan mayoritas
populasi itu adalah milenial dan Gen Z yang
saat ini berusia 25 tahun sampai 34 tahun. Ini
menjadi tantangan bagi kita pelaku usaha
properti, tetapi tren ini tidak dapat kita tolak,”
ungkap Alim.
Untuk mendorong dan memudahkan
milenial untuk membeli rumah, Damai Putra
Group telah menjalin kerjasama dengan
bank-bank ternama untuk penyediaan
kredit pemilikan rumah (KPR). Lewat skema
partnership dengan puluhan bank, kata
Alim, pihaknya mempermudah para milenial
membeli rumah dengan memberikan suku
bunga bank mulai dari 2,6%. Selain itu,
Damai Putra Group juga aktif mengaungkan
tagar #saatnyabeliproperti untuk terus me- FOTO-FOTO: ISTIMEWA
RealEstat Indonesia | Edisi 211, Juli 2024 | 17