Page 17 - 1. Majalah REI Edisi FEBRUARI 2024
P. 17

K  K
                                                                                                         K  K
                                                                                                         I
                                                                                                                  S
                                                                                                                  S
                                                                                                              U
                                                                                                               S
                                                                                                              U
                                                                                                             H
                                                                                                             H
                                                                                                                 U


                                                                                                     TO
                                                                                                       P
                                                                                                     TO
                                                                                                       P
                                                                                                         I
                                                                                                                 U
                                                                                                            TOPIK  KHUSUS     |  | |
                                                                                                               S
                                                                                        “Saat ini pembeli cenderung membeli
                                                                                     hunian premium yang dekat dengan pusat
                                                                                     perbelanjaan (high-end retail). Selain lingkung-
                                                                                     an dilengkapi  playground, community center
                                                                                     di  lokasi prestisius,  eksklusif  neighborhoods
                                                                                     dan mudah menjangkau pusat kota (near city
                                                                                     centers),” jelasnya pada acara Property Outlook
                                                                                     2024 bertajuk  “Potensi dan Strategi untuk
                                                                                     Mencapai Kestabilan Pertumbuhan Properti
                                                                                     di  Tahun 2024” yang diadakan di Marketing
                                                                                     Office BSD City.
                                                                                        Tren lainnya yang menjadi sorotan adalah
                                                                                     wellness industry. Hal ini seiring dengan sema-
                                                                                     kin tingginya kesadaran masyarakat atas kese-
                                                                                     hatan fisik maupun kesehatan mental yang
                                                                                     mendorong pertumbuhan wellness real estate
                                                                                     sebesar 21% per tahun dari tahun 2021 hingga
                                                                                     2028.
                 “APLN terus mengupayakan perluasan   Sampali Kota Deli Megapolitan. Proyek hunian   Generasi milenial  dan UHNWI sepakat
              segmen  konsumen  khususnya  milenial  yang   lainnya adalah CitraLand Gama City Medan   dalam perspektif mereka yang tidak hanya
              berpotensi diserap cukup besar oleh perseroan.   dan CitraLand Tanjung Morawa Kota Deli Me-  melihat properti sebagai instrumen keuangan,
              Kami sudah memulainya dengan menawarkan   gapolitan.                   namun konsumen ini juga sangat peduli ter-
              hunian dengan harga yang terjangkau di                                 hadap aspek ESG dan keberlanjutan (green
              proyek Kota Podomoro  Tenjo dengan harga   Tren Pasar                  sustainability) sebagai bentuk kontribusi terha-
              rumah mulai Rp250 juta,” kata Agung dikutip   Dwi Novita  Yeni, Head of Research &   dap lingkungan dan well-being.
              dari Kontan.co.id.                 Business Intelligence Sinar Mas Land meng-  Ke depan, Sinar Mas Land akan terus
                 Dia mengaku optimistis keberlanjutan   ungkapkan saat ini pasar hunian menengah   mengedepankan konsep ramah lingkungan
              pengembangan proyek eksisting dan strategi   atas dan premium cukup diminati pasar. Para   untuk memberi nilai tambah terhadap proyek
              perluasan segmen konsumen akan berkontri-  pemilik dana dan investor semakin aktif untuk   huniannya. Hal itu sejalan dengan tren pola
              busi positif terhadap kinerja perusahaan di   menambah aset properti mereka.  konsumen (consumer’s behavior) di 2023 yang
              tahun 2024.  Strategi lain termasuk dengan   Terlebih lagi, di Indonesia terjadi pening-  diproyeksi terus berlanjut di tahun-tahun men-
              memaksimalkan insentif pajak pertambahan   katan jumlah Ultra High Net Worth Individuals   datang.
              nilai di tanggung pemerintah (PPNDTP) untuk   (UHNWI).  Meskipun  secara  global  sempat   Dwi Novita juga turut meriset ceruk pasar
              pembelian rumah seharga Rp2 miliar hingga   mengalami kontraksi, namun jumlah individu   terbesar pasar hunian tapak hingga tahun
              Rp5 miliar per unit.               dengan tingkat kekayaan yang tinggi di In-  2045. Menurutnya, untuk pembeli dengan ren-
                 PT Ciputra Development Tbk (CTRA) juga   donesia  tetap tumbuh positif  12% (CAGR   tang usia 27-32 tahun daya beli cenderung di
              memproyeksi bisnis properti terutama hunian   2017-2022) dan menempatkan Indonesia da-  harga antara Rp1,5 miliar hingga Rp2 miliar.
              tapak akan cerah di 2024. Direktur Ciputra   lam peringkat tiga besar negara dengan per-  Sedangkan usia 39-42 tahun berkisar di rentang
              Development, Harun Hajadi menyebutkan   tumbuhan UHNWI tertinggi di Asia.   harga Rp2,5 miliar hingga Rp4 miliar. (Rinaldi)
              indikator-indikator ekonomi nasional hingga
              saat ini cukup stabil.
                 “Kelancaran dan keamanan Pemilu tetap
              penting, terutama karena properti termasuk
              dalam kategori big ticket items,” ungkapnya.
                 Saat ini, CTRA memiliki land bank seluas
              2.247 hektar yang terbagi menjadi dua jenis
              yaitu yang tercatat di buku dan yang melibat-
              kan kerja sama. Sebanyak 95% dari land bank
              tersebut dijadikan untuk pengembangan ru-
              mah tapak.
                 Hingga September 2023, CTRA mencatat
              prapenjualan atau  marketing sales senilai
              Rp7,79 triliun atau mengalami kenaikan sebe-
              sar 19% secara tahunan (year-on-year).
                 Kontribusi terbesar masih berasal dari
              produk residensial baru sebesar Rp4,3 triliun
              dari sejumlah proyek unggulan seperti  Citra
              City Sentul, CitraGarden Bintaro, dan CitraLand                                           FOTO-FOTO: ISTIMEWA

                                                                                       RealEstat Indonesia  |  Edisi 206, Februari 2024   |   17
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22