Page 12 - 10. Majalah REI Edisi Oktober 2023
P. 12

TOPIK UTAMA



































                         KONSEP TOD PENGARUHI



            PEMBANGUNAN JABODETABEK-PUNJUR





           PEMERINTAH SEDANG MENYUSUN DRAF RANCANGAN UNDANG        “Untuk itu, rencana pembentukan Dewan Regional Jabodetabek-
           UNDANG DAERAH KHUSUS JAKARTA (RUU DKJ). RUU INI AKAN   Punjur di dalam undang-undang dapat menjadi  entry point  untuk
           MENGATUR KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR     mengarahkan penyusunan regulasi TOD yang lebih sehat dan terperin-
                                                                ci,” ungkap Wakil Ketua Umum DPP REI bidang Tata Ruang dan Pe-
           DI JAKARTA DAN SEKITARNYA TERMASUK PENGEMBANGAN      ngembangan Kawasan, Hari Ganie di Jakarta, baru-baru ini.
           PERKOTAAN BERBASIS TRANSPORTASI MASSAL ATAU TRANSIT     TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang
           ORIENTED DEVELOPMENT (TOD).                          mengadopsi tata ruang campuran dan memaksimalkan penggunaan
                                                                transportasi massal untuk mobilisasi masyarakat. Orientasi ini membuat
                onsep pengembangan kawasan TOD di Jakarta, Bogor, Depok,   fokus pengembangan kota termasuk hunian diutamakan di titik-titik
                Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) saat ini belum didukung   sepanjang jalur transportasi massal.
                aturan regulasi yang jelas. Padahal, pengembangan kota yang   Menurutnya, saat ini telah ditetapkan 54 titik TOD di sepanjang
          Kberbasis TOD seperti di Tokyo, Seoul, Hongkong, Singapura, dan   jalur KRL dan LRT di Jabodetabek. Namun, kritik Hari Ganie, hampir
           juga kota-kota besar lainnya di Eropa atau Amerika Serikat, dijalankan   semua titik tersebut lahannya dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara
           lewat aturan dan mekanisme yang jelas.               (BUMN). Seharusnya, pemerintah juga memberi kesempatan kepada
              Hal ini penting, karena konsep TOD di Jakarta akan menjadi tren ke   badan usaha swasta untuk melakukan pengembangan di titik-titik TOD
           depan terlebih pasca beroperasinya mass rapid transit (MRT), light rapid   tersebut secara fair melalui tender (pengajuan proposal).
           transit (LRT) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang tersambung   Disebutkan, saat ini harus diakui bahwa pengembangan properti
           dengan wilayah-wilayah di sekitar Jakarta melalui KRL Commuterline.   termasuk proyek hunian di sekitar jalur LRT maupun KRL, penjualannya
              Meski pemerintah  pusat  melalui  Kementerian  Agraria  dan  Tata   kurang optimal. Karena itu, perlu diberi kesempatan kepada pengem-
           Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sudah menerbitkan Pera-  bang  swasta  untuk  ikut  terlibat  dalam  mengembangkan  kawasan  di
           turan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman   sekitar titik TOD.
           Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit dan Perpres Nomor 60   “Kolaborasi juga bagus, tetapi jangan diatur kalau badan pengelola
           Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta,   kawasan TOD itu harus BUMN atau BUMD. Ini menurut saya perlu di-
           Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabek-  benahi regulasinya, dan mungkin dewan regional bisa ikut mengarahkan,
           Punjur), tetapi kedua regulasi tersebut tidak mengatur jelas tentang   karena ada kesenjangan disitu,” ujar Hari Ganie.
           konsep TOD termasuk mengenai pengembangan kawasan di sekitarnya.

           12   |  Edisi 202, Oktober 2023  |  RealEstat Indonesia
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17