Page 12 - 10. Majalah REI Edisi Oktober 2023
P. 12
TOPIK UTAMA
KONSEP TOD PENGARUHI
PEMBANGUNAN JABODETABEK-PUNJUR
PEMERINTAH SEDANG MENYUSUN DRAF RANCANGAN UNDANG “Untuk itu, rencana pembentukan Dewan Regional Jabodetabek-
UNDANG DAERAH KHUSUS JAKARTA (RUU DKJ). RUU INI AKAN Punjur di dalam undang-undang dapat menjadi entry point untuk
MENGATUR KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR mengarahkan penyusunan regulasi TOD yang lebih sehat dan terperin-
ci,” ungkap Wakil Ketua Umum DPP REI bidang Tata Ruang dan Pe-
DI JAKARTA DAN SEKITARNYA TERMASUK PENGEMBANGAN ngembangan Kawasan, Hari Ganie di Jakarta, baru-baru ini.
PERKOTAAN BERBASIS TRANSPORTASI MASSAL ATAU TRANSIT TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang
ORIENTED DEVELOPMENT (TOD). mengadopsi tata ruang campuran dan memaksimalkan penggunaan
transportasi massal untuk mobilisasi masyarakat. Orientasi ini membuat
onsep pengembangan kawasan TOD di Jakarta, Bogor, Depok, fokus pengembangan kota termasuk hunian diutamakan di titik-titik
Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) saat ini belum didukung sepanjang jalur transportasi massal.
aturan regulasi yang jelas. Padahal, pengembangan kota yang Menurutnya, saat ini telah ditetapkan 54 titik TOD di sepanjang
Kberbasis TOD seperti di Tokyo, Seoul, Hongkong, Singapura, dan jalur KRL dan LRT di Jabodetabek. Namun, kritik Hari Ganie, hampir
juga kota-kota besar lainnya di Eropa atau Amerika Serikat, dijalankan semua titik tersebut lahannya dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara
lewat aturan dan mekanisme yang jelas. (BUMN). Seharusnya, pemerintah juga memberi kesempatan kepada
Hal ini penting, karena konsep TOD di Jakarta akan menjadi tren ke badan usaha swasta untuk melakukan pengembangan di titik-titik TOD
depan terlebih pasca beroperasinya mass rapid transit (MRT), light rapid tersebut secara fair melalui tender (pengajuan proposal).
transit (LRT) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang tersambung Disebutkan, saat ini harus diakui bahwa pengembangan properti
dengan wilayah-wilayah di sekitar Jakarta melalui KRL Commuterline. termasuk proyek hunian di sekitar jalur LRT maupun KRL, penjualannya
Meski pemerintah pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata kurang optimal. Karena itu, perlu diberi kesempatan kepada pengem-
Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sudah menerbitkan Pera- bang swasta untuk ikut terlibat dalam mengembangkan kawasan di
turan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman sekitar titik TOD.
Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit dan Perpres Nomor 60 “Kolaborasi juga bagus, tetapi jangan diatur kalau badan pengelola
Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, kawasan TOD itu harus BUMN atau BUMD. Ini menurut saya perlu di-
Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabek- benahi regulasinya, dan mungkin dewan regional bisa ikut mengarahkan,
Punjur), tetapi kedua regulasi tersebut tidak mengatur jelas tentang karena ada kesenjangan disitu,” ujar Hari Ganie.
konsep TOD termasuk mengenai pengembangan kawasan di sekitarnya.
12 | Edisi 202, Oktober 2023 | RealEstat Indonesia