Page 35 - 9.Edisi September 2024
P. 35

PERKOTAAN

                                                                                     (stasiun kereta, stasiun bawah tanah, dan
                                                                                     pemberhentian bus), dikelilingi infrastruktur
                                                                                     yang mendukung kegiatan masyarakatnya
                                                                                     seperti tempat tinggal, perkantoran dan pusat
                                                                                     perbelanjaan.
                                                                                          TOD dapat memberikan nilai tambah
                                                                                     pada kawasan sekitar pusat transportasi.
                                                                                     Angkutan berbasis kereta api menjadi pilihan
                                                                                     utama dan bisa mengurangi beban jalan raya.
                                                                                     Selain itu, dapat mendorong perpindahan sis-
                                                                                     tem  transportasi  masyarakat  dari  kendaraan
                                                                                     pribadi ke angkutan umum.
                                                                                        Direktur Eksekutif Jakarta Property Institute
                                                                                     (JPI) Wendy Haryanto mengatakan diperlukan
                                                                                     intervensi kebijakan dari pemerintah yang
                                                                                     memungkinkan warga kota bisa menjangkau
                                                                                     harga hunian di  TOD. Masyarakat misalnya
                 “Dengan semakin terintegrasinya trans-  kawasan perkotaan khususnya Jakarta, meng-  bisa mendapat keringanan dan insentif seperti
              portasi  di  Jabodetabek,  akan  membuka   ingat semakin maraknya perkembangan   keringanan suku bunga kredit pemilikan apar-
              peluang untuk membangun perumahan   permukiman penduduk di wilayah sub urban   temen (KPA) dan potongan pajak yang bisa
              berorientasi transit, sehingga terbentuk pem-  seputar Jakarta yang sebagian penduduknya   mereka dirasakan langsung.
              bangunan perkotaan yang berkelanjutan,”   memiliki beberapa aktivitas di kota.   “Atau insentif karena mereka tidak memiliki
              tambah Triono.                        “Untuk mewujudkan hal tersebut perlu   kendaraan pribadi dan tinggal di TOD,” ujarnya.
                 Transit Oriented Development merupakan   adanya sinergisitas dan kerjasama yang solid   Apalagi, Pemerintah DKI Jakarta sudah
              konsep pengembangan atau pembangunan   dari para pemangku kepentingan dan mitra   mengizinkan kenaikan intensitas Koefisien
              kota dengan memaksimalkan penggunaan   strategis,” ungkap Heru Pudyo.  Lantai Bangunan (KLB) di area yang terlayani
              lahan yang terintegrasi serta mempromosikan   BP  Tapera sebelumnya telah  bersinergi   area transportasi publik. Artinya, developer
              penggunaan angkutan umum massal berbasis   dengan  JHF  sebagai  otoritas  pemerintah   bisa  membangun  lebih  tinggi.  Masalahnya,
              rel dan gaya hidup sehat, seperti berjalan kaki   Jepang yang bergerak di bidang pembiayaan   pembangunan hunian tinggi biayanya mahal
              dan bersepeda.                     primer dan sekunder perumahan. Pada De-  karena harga lahannya sejak awal sudah ma-
                 Komisioner BP Tapera, Heru Pudyo Nugro-  sember 2023 lalu telah ditandatangani Nota   hal, sehingga harga jual yang ditawarkan men-
              ho menyampaikan bahwa penerapan konsep   Kesepahaman dan Kerja Sama antara BP Tape-  jadi mahal juga.
              TOD  ditujukan untuk mewujudkan integrasi   ra dan JHF tentang Perumahan Subsidi.  Selain untuk masyarakat, menurut
              kawasan  hunian  dengan  optimalisasi  sarana                          Wendy, insentif keringanan bunga pinjaman
              transportasi  umum  untuk  mewujudkan  kota   Intervensi Pemerintah    untuk developer juga diperlukan agar mene-
              yang efisien, produktif, dan sehat. Konsep ini   Lazimnya, TOD mempunyai area dengan   kan ongkos produksi pembangunan di ka-
              dinilai sangat relevan untuk konsep hunian di   stasiun transit atau stasiun pemberhentian   wasan TOD. (Rinaldi)




























                                                                                                        FOTO-FOTO: ISTIMEWA

                                                                                      RealEstat Indonesia  |  Edisi 213, September 2024   |   35
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40