Page 50 - 1. Majalah REI Edisi FEBRUARI 2024
P. 50
INFRASTRUKTUR
Pengerjaan Tol di Yogyakarta
Dikebut, Bisnis Properti Terdampak
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT (PUPR) MENGEBUT PEMBANGUNAN JALAN TOL YOGYAKARTA-BAWEN YANG
MERUPAKAN BAGIAN DARI PROYEK STRATEGIS NASIONAL (PSN). KEHADIRAN TOL INI DIHARAPKAN MENINGKATKAN KONEKTIVITAS
WILAYAH, KHUSUSNYA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DAN PROVINSI JAWA TENGAH.
T ol Yogyakarta-Bawen terhubung dengan tol Trans Jawa ruas permudah akses wisatawan untuk menuju Kawasan Strategis Pariwisata
Menurut Basuki, Seksi 2 Banyurejo-Borobudur nantinya akan mem-
Semarang-Solo. Jalan tol sepanjang 76,30 kilometer itu terdiri
dari 6 seksi dan saat ini untuk seksi 1 akan rampung pada
Nasional (KSPN) Borobudur. Ruas ini segera dimulai lelang konstruksinya
dan diperkirakan akan mulai konstruksi pada pertengahan April 2024.
kuartal I-2025.
Oleh karena itu, pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen diha-
“Saya meminta kepada kontraktor dan konsultan peng-
awas untuk lebih semangat dalam menyelesaikan pekerjaan pembe- rapkan pula dapat memperkuat posisi Yogyakarta dalam industri khu-
basan lahan tol Yogyakarta-Bawen. Lebih semangat, saya percaya pasti susnya pariwisata yang semakin tumbuh dan berkembang baik dan
bisa,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau pemba- memacu perkembangan ekonomi di Pulau Jawa bagian selatan.
ngunan tol tersebut, baru-baru ini. Tol Yogyakarta-Bawen merupakan satu dari tiga pembangunan
Untuk Seksi 1 ruas Sleman - Banyurejo sepanjang 8,25 km saat ini jalan tol di Jawa dengan kebutuhan dana besar. Investasi tol ini mencapai
progres lahan sudah mencapai 81% dan konstruksi 72%. Ruas Sleman Rp14,26 triliun.
- Banyurejo telah dimulai pembangunannya pada awal 2022 dan ditar- Menteri PUPR juga meninjau progres pembangunan jalan tol
getkan selesai pada kuartal I-2025. Yogyakarta-Solo. Diungkapkan, ruas Kartasura-Klaten saat ini telah dapat
Menteri Basuki berpesan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) digunakan secara fungsional sepanjang 22,3 km, sedangkan ruas Klaten-
untuk bisa merumuskan strategi percepatan, sehingga penyelesaian Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km ditargetkan siap untuk
tol Yogyakarta-Bawen khususnya Seksi 1 Sleman - Banyurejo bisa tuntas mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.
konstruksinya tepat waktu. Secara keseluruhan, ruas Kartosuro-Klaten sepanjang 22,3 km tuntas
“Saya minta tahun ini progres fisiknya bisa 85%, sehingga awal ta- di Juli 2024, sementara ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km
hun 2025 ruas Banyurejo sudah selesai,” ungkapnya. ditargetkan tuntas di akhir September 2024.
Selanjutnya Seksi 2 Banyurejo-Borobudur sepanjang 15,26 km Jalan tol Yogyakarta-Solo akan terhubung dengan tol Yogyakarta-
progres lahannya sudah 84,44%, Seksi 3 Borobudur-Magelang sepan- Bawen dan tol Semarang-Solo sehingga akan membentuk segitiga emas
jang 8,08 km lahan 27,84%, Seksi 4 Magelang-Temanggung (16,26 pertumbuhan ekonomi di Jawa yakni Yogyakarta, Solo, dan Semarang.
km) lahan 1,3%, Seksi 5 Temanggung-Ambarawa (22,56 km) dengan Konstruksi ruas Kartasura-Klaten ditargetkan selesai 100% pada Juli
pekerjaan lahan 0,9%. Sedangkan Seksi 6 Ambarawa-Junction Bawen 2024 dan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km tuntas pada akhir
terkoneksi tol Semarang-Solo (5,21 km) dengan pekerjaan lahan 65,79% Desember 2024.
dan konstruksi 4,41%.
50 | Edisi 206, F ebruari 202 4 | Real Estat Indonesia
50 | Edisi 206, Februari 2024 | RealEstat Indonesia