Page 51 - 1. Majalah REI Edisi FEBRUARI 2024
P. 51
INFRASTRUKTUR
“Tol ini sangat ditunggu
masyarakat karena
lebih dari 25.000
kendaraan lewat
Solo-Yogya setiap
harinya, sehingga sudah
crowded, bahkan di periode
tertentu sangat macet.
Segera kita
selesaikan supaya
lalu lintasnya lebih
lancar lagi.”
“BUJT PT Jogja Solo Marga Makmur saya rah tersebut, termasuk meningkatkan geliat kantong-kantong permukiman baru di Yogya-
minta untuk mempercepat penyelesaian bisnis properti. karta menuju ke arah barat-utara kota pelajar
pembangunan tol dari Kartosuro arah ke Yog- “Secara khusus sektor properti diuntung- tersebut.
yakarta yang akan menjadi bagian dari sistem kan. Di kawasan yang dilalui jalan lingkar luar, “Minat konsumen untuk memiliki rumah di
jaringan tol Trans Jawa,” tegas Basuki. dekat bandara atau dilewati jalan tol terutama DIY masih sangat tinggi, baik untuk ditempati
Disebutkan, kehadiran tol ini akan meng- di dekat exit toll, secara hukum pasar harga keluarga maupun kebutuhan investasi. Secara
urangi beban jalan nasional Yogyakarta- tanah dan propertinya akan meningkat. Selain harga, rumah-rumah yang berkisar antara
Solo yang saat ini kondisinya kerap macet, itu banyak muncul lokasi pengembangan pro- Rp200 hingga Rp500 juta per unit paling ba-
khususnya jalur menuju destinasi pariwisata perti baru, sehingga titiknya lebih merata,” kata nyak dicari,” ungkapnya.
sepanjang koridor seperti Candi Prambanan. Ilham. Ilham mengakui, harga tanah dan pro-
Selain itu juga dapat memangkas waktu Selain berdampak terhadap pertumbu- perti di Yogyakarta setiap tahun terus melam-
tempuh perjalanan dari Yogyakarta ke Solo han ekonomi, jalan tol juga akan mening- bung tinggi yang diakibatkan pembangu-
dan sebaliknya, serta perjalanan menuju ke katkan koneksi antar wilayah sehingga men- nan infrastruktur termasuk jalan tol. Dia
Bandara Internasional Yogyakarta (NYIA) di Ku- dukung jalur logistik, aktivitas pariwisata, menyebutkan harga lahan di sekitar tol dan
lonprogo. dan pengembangan wilayah kota di masa beberapa daerah di sekitarnya bisa naik 40%
Tol Yogyakarta-Solo hingga NYIA Kulon- mendatang. Hal itu berkaitan dengan perlu- hingga 50% dari harga sebelum adanya pem-
progo secara keseluruhan memiliki panjang asan lokasi pembangunan properti khusus- bangunan jalan tol. (Rinaldi)
96,57 km terdiri dari 3 seksi, yakni Seksi 1 nya perumahan di DIY. Saat ini, kata Ilham,
Solo-Klaten-Purwomartani (42,3 km), Seksi
2 Purwomartani-Monjali-Sleman (16 km), dan
Seksi 3 Gamping-Kulonprogo (38,57 km).
“Tol ini sangat ditunggu masyarakat
karena lebih dari 25.000 kendaraan lewat Solo-
Yogya setiap harinya, sehingga sudah crowded,
bahkan di periode tertentu sangat macet. Se-
gera kita selesaikan supaya lalu lintasnya lebih
lancar lagi,” pungkas Basuki.
Berdampak Positif
Ketua Dewan Pengurus Daerah Realestat
Indonesia (DPD REI) DIY, Ilham Muhammad
Nur menilai masifnya pembangunan jalan tol
di Yogyakarta yang terhubung dengan daerah-
daerah lain di Pulau Jawa akan berdampak
positif terhadap pertumbuhan ekonomi dae- FOTO-FOTO: ISTIMEWA
RealEstat Indonesia | Edisi 206, Februari 2024 | 51