Page 51 - 9.Edisi September 2024
P. 51

INFRASTRUKTUR




                                                                                 “Kehadiran jalan tol ini
                                                                                 diharapkan mengurangi
                                                                                 beban kepadatan lalu
                                                                                 lintas kendaraan di jalan
                                                                                 nasional Yogyakarta-Solo
                                                                                 yang saat ini kondisinya
                                                                                 kerap macet, khususnya
                                                                                 menuju destinasi
                                                                                 pariwisata sepanjang
                                                                                 koridor, seperti Candi
                                                                                 Prambanan dan bandara.”



                 “Kehadiran jalan tol ini diharapkan meng-  marang, maupun sebaliknya dari Semarang ke   Trans Jawa yang dikelola oleh PT Trans Marga
              urangi beban kepadatan lalu lintas kendaraan   Salatiga,” jelasnya.    Jateng (TMJ), kelompok usaha PT Jasa Marga
              di jalan nasional Yogyakarta-Solo yang saat ini   Menurut  Tulus, BPJT terus berkoordinasi   (Persero) Tbk dan terbagi menjadi lima seksi.
              kondisinya  kerap  macet,  khususnya  menuju   dengan Ditjen Bina Marga serta berharap da-  Seksi I yakni Banyumanik-Ungaran (10,85
              destinasi pariwisata sepanjang koridor, seperti   pat diselesaikan dalam waktu dekat.  km) sudah beroperasi sejak 26 Agustus  2011,
              Candi Prambanan dan bandara,” ungkap Men-  Sementara  itu,  Anggota  Komisi  V  DPR   dan seksi II Ungaran-Bawen (11,99 km) telah
              teri Basuki.                       RI Fadholi menegaskan  exit toll  Salatiga ini   dioperasikan pada 4 April 2014.
                   Pada pelaksanaan arus mudik Lebaran   sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga   Selanjutnya Seksi III Bawen-Salatiga (17,59
              2024, tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo ruas   Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang akan   km), beroperasi sejak 25 September 2017.
              Colomadu - Ngawen telah dibuka fungsional   mendapat nilai ekonomi yang bagus dengan   Kemudian untuk Seksi IV Salatiga-Boyolali
              dan  memangkas  waktu  tempuh  perjalanan,   adanya exit toll tersebut.   (24,47 km), dan Seksi  V Boyolali-Kartasura
              yakni dari GT Colomadu menuju Klaten diper-  Jalan tol Semarang-Solo sepanjang 72,95   (7,74 km) sudah beroperasi pada 20 Desember
              kirakan hanya 25 - 30 menit saja.  km merupakan bagian dari jaringan jalan tol   2018. (Teti Purwanti)
                 Selama pelaksanaan pembangunan jalan
              tol tersebut, Pemerintah melalui Kementerian
              PUPR  sangat  memperhatikan  serta  peduli
              dengan keberadaan bangunan bersejarah,
              situs-situs cagar budaya dan purbakala yang
              berada di wilayah D.I.  Yogyakarta dan akan
              turut serta memperhatikan dan melestarikan
              yang ada di sekitarnya khususnya garis imajiner
              yang berada di  Yogyakarta (melintasi D.I.
              Yogyakarta dari Gn. Merapi - Parangkusumo).

              Bangun Exit Toll
                 Kementerian PUPR saat ini juga sedang
              mendukung upaya PT  Trans Marga Jateng
              (TMJ) untuk membangun  exit toll  di Jalan
              Pattimura Salatiga yang merupakan bagian
              dari jalan tol Semarang-Solo.
                 Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT),
              Tulus Abadi mengatakan saat ini Ditjen Bina
              Marga Kementerian PUPR sedang memper-
              siapkan dokumen pendukung untuk pembiaya-
              an pembayaran pengadaan lahan  off  ramp
              Pattimura-Salatiga Jalan Tol Semarang-Solo.
                 “Exit toll yang akan dibangun di Jalan
              Pattimura-Salatiga merupakan pintu masuk
              dan keluar akses Kota Salatiga ke arah Se-

                                                                                      RealEstat Indonesia  |  Edisi 213, September 2024   |   51
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56