Page 51 - 8. Majalah REI EDISI AGUSTUS 2024
P. 51
INFRASTRUKTUR
Konektivitas Jawa Timur
Selain tol Solo-Yogyakarta, Kementerian
PUPR bersama BUJT PT Jasamarga Probo-
linggo Banyuwangi juga terus memperce-
pat penyelesaian pembangunan jalan tol
Probolinggo-Banyuwangi secara bertahap
yang dimulai dari tahap 1 yakni ruas Gending
hingga ke Besuki sepanjang 49,7 km.
Jalan tol tersebut merupakan bagian
dari tol Trans Jawa yang menjadi konektivitas
penghubung di wilayah timur Pulau Jawa
yang nantinya akan tersambung dari Merak
hingga ke Banyuwangi.
Penyelesaian konstruksi tahap 1 ruas
Gending-Besuki terbagi menjadi 3 seksi yaitu
Seksi 1 Gending - Kraksaan sepanjang 12,88
km dengan progres konstruksi 60,08% dan FOTO-FOTO: ISTIMEWA
ditargetkan selesai konstruksi pada kuartal
IV-2024. Lalu Seksi 2 Kraksaan-Paiton (11,20 memangkas waktu tempuh Probolinggo Pengoperasian jalan tol telah dilakukan
km) dengan progres konstruksi 40,40% sampai Besuki yang sebelumnya sekitar 1 di 5 pulau di Indonesia yakni Pulau Jawa
ditargetkan selesai konstruksi pada kuartal jam 15 menit perjalanan menjadi 30 menit (1782,47 km), Pulau Sumatera (941,75 km),
I-2025, serta Seksi 3 Paiton-Besuki (25,6 km) perjalanan dengan kecepatan rata-rata wak- Pulau Sulawesi (61,46 km), Pulau Kalimantan
dengan progres konstruksi 31,38% yang tu tempuh berkendara 80-100 km/jam. (97,27 km), dan Pulau Bali (10,07 km).
ditargetkan selesai konstruksi di kuartal III- Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap 1 Jalan tol di Indonesia dimulai sejak
2025. akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu tahun 1978 dengan beroperasinya tol Jakar-
Pada tahap 2 selanjutnya terdiri dari 4 Simpang Susun Kraksaan, Simpang Susun ta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) sepanjang 59 km
Seksi, diantaranya Seksi 4 Besuki-Situbondo Paiton, dan Simpang Susun Besuki serta 3 yang merupakan jalan tol pertama dan ter-
(42,30 km), Seksi 5 Situbondo-Asembagus buah Gerbang Tol, yaitu Gerbang Tol Krak- tua di Indonesia.
(16,76 km), Seksi 6 Asembagus-Bajulmati saan, Gerbang Tol Paiton, dan Gerbang Tol Kemudian menyusul tol Semarang ABC
(37,45 km) dan Seksi 7 Bajulmati-Ketapang Besuki. sepanjang 24,75 km yang dioperasikan
(29,21 km). Untuk tahap 2 dari ruas Besuki Seperti diketahui, pembangunan infras- pada tahun 1983, dilanjutkan dengan peng-
hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 km truktur jalan tol di Indonesia terus bertam- operasian tol Jakarta - Tangerang sepanjang
ditargetkan konstruksinya selesai setelah bah seiring berjalannya waktu. Dimulai dari 33 km yang diresmikan pada tahun 1984
tahun 2024. tahun 1978 hingga saat ini telah mencapai dan menjadi ruas tol tertua ketiga yang ada
Jalan tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 2.893,02 km yang dikelola oleh di Indonesia. (Teti Purwanti)
tahap 1 ruas Probolinggo-Besuki akan 52 BUJT untuk 73 ruas tol.
RealEstat Indonesia | Edisi 212, Agustus 2024 | 51