Page 47 - 2. Majalah REI Edisi MARET 2024
P. 47
PARIWISATA
Wisman Potensial
Lebih lanjut, Menparekraf menyebutkan
jumlah kunjungan wisman asal Australia dan
India berpotensi mengalami peningkatan di
2024.
Hal itu melihat kunjungan wisatawan asal
Australia dan India yang pada periode 19-22
Februari 2024 menjadi posisi pertama dan
kedua sebagai negara penyumbang wisman
ke Indonesia. Menurut Sandiaga, Indonesia
memiliki kesempatan untuk meningkatkan ku-
alitas kunjungan wisman.
Salah satu upaya untuk meningkatkan
jumlah wisman adalah dengan menambah
jumlah seat capacity dari originasi. Di Australia
belum lama ini, Menparekraf Sandiaga ber-
temu dengan Flight Centre Australia untuk
mendorong pembukaan paket destinasi baru
ke 5 DSP (Bali Add-On Destination).
Setelah itu, Menprekraf melakukan penja-
jakan kerja sama pada sustainability tourism dan FOTO-FOTO: ISTIMEWA
edukasi pasar destinasi “Beyond Bali” serta
sosialisasi kebijakan Bali Tax Levy. Kemudian kualitas wisman yang berkunjung sehingga fokus pada empat segmen untuk pasar India
bertemu dengan Bloomberg Roundtable Mee- diharapkan dapat membuka lebih banyak antara lain wedding, honeymoon, family, dan
ting terkait pengembangan DSP dan KEK. peluang usaha serta menciptakan lapangan MICE yang memang menjadi segmen unggul-
Setelah berkunjung ke Australia, Menpa- kerja baru,” pungkasnya. an untuk pasar India,” jelasnya.
rekraf Sandiaga juga langsung terbang ke New Di samping itu, untuk menyasar segmen
Delhi India untuk menghadiri kegiatan Raisina Lokasi Syuting luxury travel yang cukup besar di India, para
Dialogue sebagai pembicara dengan tema SATTE 2024 berlangsung pada 22-24 Feb- pelaku industri pariwisata Indonesia juga me-
“Emerging Technologies: A Panacea for the SDGs”. ruari di India Expo & Mart, Greater Noida, New nyiapkan paket wisata di sejumlah destinasi
Kemudian juga hadir di Bloomberg Delhi. Kemenparekraf melalui brand Wonderful prioritas yang sesuai dengan karakteristik luxu-
Roundtable Discussion yang membahas soal Indonesia kali ini mengangkat tema “Keep the ry travelers asal India.
investasi pariwisata dan ekonomi kreatif, ter- Wonder” dengan desain Borobudur, Pramba- “Kemenparekraf juga mempromosikan
utama industri E-Sport. nan, dan Yogyakarta pada paviliunnya. destinasi di Indonesia untuk ditawarkan sebag-
“Setelahnya kami hadir di South Asia’s Deputi bidang Pemasaran Kemenparekraf, ai lokasi syuting pembuatan film (filming loca-
Travel & Tourism Exchange (SATTE) 2024 untuk Ni Made Ayu Marthini, mengatakan Bali telah tion) kepada industri perfilman India,” kata Ni
meresmikan Paviliun Wonderful Indonesia menjadi top of mind bagi wisatawan India. Mes- Made Ayu.
yang mengangkat konsep pariwisata berke- ki begitu, di SATTE 2024, selain Bali ditawarkan Platform Indonesia Film Facilitation (IFFa)
lanjutan, kolaborasi bersama DusDukDuk juga destinasi lain yaitu 5 Destinasi Pariwisata yang telah diluncurkan akhir tahun lalu akan
dan Rumah Atsiri Indonesia, dengan transaksi Super Prioritas (DPSP) kepada masyarakat India. mempermudah akses para filmmaker India ke
potensial Rp114 miliar dan potensi wisman “Dalam pameran ini, Kemenparekraf ber- lokasi-lokasi pembuatan film di Indonesia. (Rinaldi)
mencapai 42.546 pax,” ujarnya.
Di menjelaskan, jumlah kunjungan wisata-
wan India pascapandemi terus menunjukkan
tren positif. India menempati urutan ke-6
sebagai negara dengan jumlah kunjungan wis-
man terbanyak di Indonesia dan urutan ke-2 di
Bali, setelah Australia, pada periode 2023.
Jumlah kunjungan wisman India ke Indo-
nesia tahun 2023 hampir mencapai 607.000
wisman, kenaikan ini mencapai 125,8 persen
dari jumlah wisman India tahun sebelumnya.
Sandiaga mengatakan, strategi promosi
internasional Kemenparekraf berfokus untuk
melakukan promosi pada pasar wisata utama,
termasuk India yang pertumbuhan kunjungan
wismannya ke Indonesia meningkat pesat.
“Peningkatan tidak hanya kepada jumlah
wisman tetapi juga diharapkan peningkatan
RealEstat Indonesia | Edisi 207, Maret 2024 | 47