Kilas Berita

REI Banten Gandeng BJB dan BPJS

Administrator | Senin, 30 Oktober 2017 - 14:15:48 WIB | dibaca: 811 pembaca

Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPD REI) Banten mematok target pembangunan 8.000 unit rumah bersubsidi pada 2017. Hal ini sebagai bentuk komitmen REI Banten untuk ikut serta mendukung Program Sejuta Rumah yang ditetapkan pemerintah terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Berbagai langkah dilakukan untuk merealisasikan target tersebut. Salah satunya REI Banten menggandeng Bank Jabar-Banten (BJB) untuk mendukung pembiayaan konstruksi maupun kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi, serta mengajak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk menyediakan pasar konsumen perumahan MBR.

“Kerjasama dalam bentuk nota kesepahaman ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan pengembang anggota REI Banten baik dari sisi pembiayaan maupun dukungan marketnya. Bank BJB telah menyalurkan KPR bersubsidi berikut kredit konstruksinya, ini tentu bisa menjadi alternatif pendanaan bagi para pengembang maupun calon konsumen properti,” ucap Ketua DPD REI Banten, Roni H Adali pada acara forum Silaturahmi Pengurus & Anggota DPD REI Banten di Cilegon, baru-baru ini.

Menurut Roni, skema payroll pegawai negeri sipil di lingkungan Provinsi Banten didukung oleh Bank BJB. “PNS khususnya golongan 1 sampai dengan 3 ini tentunya membutuhkan rumah bersubsidi sehingga dapat difasilitasi oleh Bank BJB dengan pertimbangan kemudahan-kemudahan tertentu,” papar dia.

Sedangkan dari sisi pangsa pasar, BPJS Ketenagakerjaan menaungi setidaknya satu juta pekerja dari berbagai sektor, termasuk industri yang berlokasi di wilayah Ciujung, Cikande, Balaraja dan Cilegon.

Ketua Umum DPP Soelaeman Soemawinata menyambut baik kerjasama yang diupayakan DPD REI Banten ini. Menurut dia, beberapa waktu lalu wilayah Banten berada pada posisi kelima provinsi dengan tingkat penyerapan anggaran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tertinggi se-Indonesia. Peringkat itu kemudian naik ke posisi kedua. “Ini tentu karena semangat membangun dari anggota REI Banten, dan itu perlu kita apresiasi,” ucap Soelaeman yang pernah menjabat Ketua DPD REI Banten periode 2013-2016.

Soelaeman mengatakan, semangat anggota REI Banten ini patut ditiru oleh pengembang anggota REI di wilayah lainnya. BRN