Berita

Penjualan Apartemen di Jakarta Anjlok 50% Tiga Bulan Pertama 2016

Administrator | Senin, 11 April 2016 - 10:36:00 WIB | dibaca: 818 pembaca

ilustrasi apartemen (ist)

Jakarta -Meski ekonomi di awal tahun 2016 dianggap lebih baik ketimbang tahun 2015, rupanya tak berbanding lurus dengan penjualan kondominium atau apartemen di Jakarta. Penjualan kondominium justru anjlok cukup drastis di sepanjang triwulan I-2016.

Lembaga konsultan properti, Jones Lang LaSalle (JLL) mencatat, penjualan apartemen dari Januari hingga Maret 2016 hanya sebesar 1.400 unit. Angka penjualan ini turun drastis ketimbang kuartal IV-2015 yang mencapai hampir 3.000 unit. Sementara, rata-rata penjualan apartemen per kuartal dalam 3 tahun terakhir sebesar 3.172 unit.

"Pasar kondominium residensial kami lihat penjualannya tidak buruk. Memang terjadi penurunan sales rate, suplai yang juga terbatas membuat penyerapannya juga terbatas," jelas Head of Research JLL, James Taylor. 

Pada kuartal depan, menurut Taylor, permintaan sekaligus penjualan hunian vertikal tersebut diprediksi tetap akan tumbuh baik asalkan kondisi perekonomian bisa tetap stabil seperti saat sekarang. "Ke depan sentimen pasar sangat dipengaruhi kondisi perekonomian, stabilitas rupiah, dan perpajakan. Kalau semua itu diperbaiki, penjualan kondominium akan bisa lebih baik lagi," ungkapnya.

Sumber: Detik.com