Berita

FIABCI-REI Berikan Award Proyek Properti Terbaik di Indonesia

Administrator | Rabu, 23 Desember 2020 - 08:29:59 WIB | dibaca: 313 pembaca

Foto: Istimewa

Sejumlah proyek properti terbaik nasional dari berbagai kategori dianugerahi FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020, sebuah ajang penghargaan paling bergengsi bagi produk properti di Indonesia yang nantinya akan diikutsertakan pada ajang penghargaan kelas dunia FIABCI Prix d’Excellence Award.  Anugerah ini diselenggarakan oleh FIABCI Indonesia dan Real Estat Indonesia (REI). 

Seremoni pengumuman anugerah FIABCI Indonesia-REI Excellence Award pada tahun ini diadakan bersamaan dengan penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) REI 2020.
 
Ketua Panitia FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020, Meiko Handoyo mengatakan, FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020 merupakan pemberian penghargaan kepada pengembang dan proyek properti Indonesia yang berkualitas menoreh prestasi dalam mengembangkan produk properti. 

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ajang penganugerahan ini untuk pertama kalinya dilakukan secara daring karena dalam situasi pandemi. Namun kami yakin ini semua tidak mengurangi penghargaan atas karya-karya terbaik properti anak bangsa,” ujar Meiko dalam siaran persnya, Sabtu (5/12). 

Dijelaskan, seleksi sudah dilakukan tim juri yang terdiri dari para pakar di bidang arsitektur, perencana kota, dan juga unsur pemerintahan sejak awal September 2020 dengan 15 kategori internasional dan satu kategori lokal yakni perumahan MBR. Tersaring 97 proyek untuk 16 kategori, dengan tata laksana penjurian dilakukan secara online scoring dan online meeting. 

“Besar harapan kami pemenang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020 dapat mempersiapkan diri saat nanti maju ke tingkat internasional dan dapat mengharumkan nama Indonesia di ajang FIABCI Prix d’Excellence Award yang diselenggarakan Federasi Real Estate International,” ujar Meiko. 

Dia menambahkan ajang kelas dunia itu akan menjadi ruang bagi para pengembang di Indonesia juga sekaligus mempromosikan karya-karya terbaik anak bangsa di tingkat internasional. 

“Oleh karena itu, REI Excellence Award ini menjadi event yang paling tepat untuk menumbuhkan motivasi pengembang dan stakeholder bidang properti di Indonesia untuk menciptakan properti berkualitas untuk ditampilkan di pentas dunia,” papar Meiko. 

Ketua Tim Juri FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020, Doddy Tjahjadi menjelaskan pengembang yang menjadi pemenang dalam ajang ini diharapkan dapat terus menggarap proyek-proyek berikutnya yang tidak hanya secara kuantitas namun juga berkualitas, serta memberi kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat. 

“Ajang award ini memberikan beberapa hal positif terhadap industri properti nasional antara lain untuk memacu kualitas produk-produk properti di Indonesia, memberikan apresiasi kepada pengembang dan konsultan yang telah memberikan karya terbaiknya, dan juga menjadi benchmark bagi produk-produk properti di Indonesia. Selain itu membuka kesempatan bagi pengembang nasional bersaing di tingkat dunia,” ungkap Doddy. 

Sejumlah proyek properti milik pengembang nasional dari berbagai kategori ditetapkan sebagai pemenang. Yang unik adalah dalam FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020 terdapat pemenang-pemenang untuk proyek rumah subsidi bagi MBR. Terdapat sekitar 34 proyek perumahan subsidi dari berbagai daerah di Indonesia yang dianggap layak memperoleh anugerah sebagai proyek perumahan bersubsidi terbaik.

 Tingkatkan Daya Saing 
Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para pemenang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2020.  

Dia juga mengharapkan situasi pandemi yang telah membuat pasar properti turun bahkan ada yang anjlok sampai 50% tidak menyurutkan semangat para pengembang anggota REI. 
“Kita tentu berharap bisa bangkit bersama. Salah satunya adalah berupaya menyesuaikan diri dengan desain baru, tata lingkungan baru dan tata kota baru di dalam suasana adaptasi kebiasaan baru termasuk pasca pandemi nanti. Oleh karena itu, ajang award ini sangat penting untuk menjadi contoh di Indonesia,” ujar Totok.

Presiden FIABCI Indonesia, Budiarsa Sastrawinata menyebutkan bahwa ajang anugerah ini merupakan bagian dari rangkaian ke ajang internasional yakni FIABCI Prix d’Excellence Award. 

Penghargaan seperti ini, kata dia, sangat diperlukan sebagai apresiasi kepada pengembang yang sudah menghasilkan karya yang berkualitas dan bermutu. Selain dapat meningkatkan daya saing pengembang nasional, serta turut mendorong investasi yang lebih besar ke Tanah Air. 

“Realestat ini adalah salah satu sektor penting yang mempengaruhi industri ikutan lainnya, serta memberikan sumbangsih dalam menyediakan kebutuhan papan bagi masyarakat khususnya MBR,” kata Budiarsa.


Sumber: