Jalan-Jalan

Yuk Berwisata Ke Kota Seribu Curug

Administrator | Rabu, 26 Juni 2019 - 10:20:05 WIB | dibaca: 100 pembaca

Foto: Istimewa

Jawa Tengah memang salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak pesona wisata alam. Salah satunya Purbalingga, yang berbatasan dengan Pemalang, Banjarnegara, dan Banyumas. Dikenal sebagai Kota Seribu Curug, Purbalingga menyimpan banyak keindahan alam yang layak untuk dinikmati.

Purbalingga memang memiliki banyak objek wisata curug atau air terjun. Itu dapat dipahami mengingat kabupaten ini berada di kaki Gunung Slamet. Namun sebenarnya, keunggulan wisata di daerah ini bukan hanya curug dan gunung, namun juga berbagai tempat rekreasi seperti kampung hobbit, akuariaum terbesar, pemandian air dan kebun strawberry.

Berjarak tiga hingga empat jam perjalanan darat dari Yogyakarta, Purbalingga sangat mudah dijangkau. Bahkan, bila waktu mencukupi, Anda bisa sekalian berkunjung menjelajahi wisata di daerah-daerah lain yang secara geografis berdekatan seperti Purwokerto, Kebumen atau Tegal.

Berikut beberapa lokasi wisata yang patut Anda kunjungi bila berkunjung di kota Seribu Curug, Purbalingga.

Curug Ciputut
Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dengan panorama alam yang sangat indah. Menariknya, Curug Ciputut tidak pernah kering meski musim kemarau tiba. Uniknya lagi, jika air terjun lainnya memiliki jalan berupa jalan undakan tanah, tapi di sini justru menuruni tangga besi vertikal.

Air terjun yang terletak di desa Talagening, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Curug Ciputut termasuk salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Purbalingga. Tak heran jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika akhir pekan tiba. 

Curug Nagasari
Curug Nagasari merupakan air terjun di Purbalingga yang cukup tinggi mencapai 72 meter lebih. Berada di desa Wisata Tanalum, Rembang, kabupaten Purbalingga, panorama sekitar curug sangat cantik dengan bebatuan warna hitam yang memesona.

Untuk mencapai curug ini harus melewati jalanan yang cukup terjal. Namun rasa lelah itu akan terbayarkan setelah tiba di curug ini.

Curug Tempuran
Dari kejauhan saja, hasrat untuk menceburkan diri langsung menggelora. Kesegaran Curug Tempuran memang tak terelakkan.

Terletak tak jauh dari pusat kota Purbalingga, Curug Tempuran menawarkan kealamian lingkungan dan atmosfer yang menyegarkan. Pohon yang rindang dan aliran sungai yang tenang mewarnai spot wisata ini.

Curug Tempuran juga memiliki kolam yang luas. Dijamin Anda bisa berenang dan menghabiskan waktu bermain di sini sepuasnya. Tapi tetap waspada, ya! Soalnya, kolam airnya cukup dalam.

Sekadar bersantai di pinggir kolam, menikmati cucuran air dari tebing juga menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Kapan lagi bisa menemukan ketenangan khas alam yang teduh dan asri setelah banting tulang di hari sibuk! Curug ini berlokasi di Pengalusan, Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Kampung Hobbit Ala Purbalingga
Satu lagi wisata yang menawarkan suasana alam, yakni Kampung Kurcaci. Terletak di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Kampung Kurcaci sangat sejuk dan memanjakan pengunjung, karena dikelilingi hutan pohon damar yang sudah berusia ratusan tahun.

Suasana yang rindang dan tenang, membuat kita betah berlama-lama duduk di rumah-rumah pohon atau di bawah rindahnya pohon damar. Kita juga bisa berfoto dengan latar rumah kurcaci di belakangnya. Asyik, bukan?

Desa Panusupan
Berbeda dengan objek wisata lainnya, kali ini Purbalingga menyuguhkan sebuah desa yang di dalamnya terdapat berbagai tempat wisata yang cukup Instagramable.

Di Desa Panusupan terdapat rumah pohon kenangan yang berlokasi di Puncak Batur, Jembatan Cinta Pring Wulung menjadi spot untuk mengutarakan perasaan, Puncak Sendaren merupakan spot terbaik untuk berfoto. Ditambah tempat ini berada di ketinggian 682 mdpl. Jadi makin membuat nyaman.

Kutabawa Flower Garden
Ingin menyaksikan warna-warni bunga dan tanaman kini tak cuma bisa dilakukan di Puncak, Lembang atau Cihideung. Cukup melipir ke kawasan Kutabawa di Purbalingga untuk memanjakan mata Anda.

Ya, Kutabawa Flower Garden merupakan spot wisata baru yang ada di Purbalingga. Andalannya tentunya adalah deretan bunga dan tanaman dengan warna-warna yang luar biasa.

Beberapa spot dibuat menarik lewat pembangunan lanskap. Jadi Anda, pemburu tempat bagus untuk berfoto, bisa mengabadikannya dengan kamera. Beragam bunga-bunga nan cantik tersebar di sejumlah tempat. Setidaknya ada 18 jenis bunga dengan warna-warna indah.

Gunung Sendaren
Tak ada yang menyangkal Purbalingga memiliki alam yang luar biasa. Namun tak banyak yang tahu bagaimana cara tepat untuk menikmatinya. Salah satu yang layak dipertimbangkan adalah Gunung Sendaren. Dari sini, Anda bisa menyaksikan lanskap yang mengesankan dari alam Purbalingga.

Perbukitan hijau ditambah angin dengan tiupan yang ringan dan langit biru nan cerah menjadi kesan pertama yang Anda dapatkan berkunjung ke spot ini. Setelahnya, Anda bisa mendapatkan apa pun yang diinginkan. 

Spot yang harus Anda jajaki adalah jembatan atas awan Puncak Sendaren yang terkenal itu. Berfoto di sini, hasilnya dijamin keren!

Puncak Gunung Slamet
Ini adalah tantangan sebenar-benarnya para adventurer. Tidak hanya sekadar berfoto di bukit yang ketinggiannya hanya beberapa ratus meter dari permukaan air laut, tapi langsung menyongsong hari di puncak bumi.

Adalah Gunung Slamet yang seharusnya jadi tujuan utama para traveler ketika datang ke Purbalingga. Gunung yang menjulang tinggi itu menantang semua orang untuk menggapai langit di puncaknya.

Hadiah bagi mereka yang mau dan mampu adalah kepuasan yang luar biasa. Anda bisa menyaksikan keindahan alam, tidak hanya yang ada di Purbalingga, tapi juga yang Banyumas mau pun Brebes. Anda dapat mengambil waktu khusus untuk secara sengaja menyaksikan sunrise dari puncaknya. (Taria Dahlan/berbagai sumber)