Berita

Wali Kota Tantang REI Sediakan Rumah PNS Jambi

Administrator | Senin, 24 Oktober 2022 - 13:35:24 WIB | dibaca: 47 pembaca

Wali Kota Jambi Syarif Pasha (Foto: Oki Baren)

Jambi – Wali Kota Jambi Syarif Pasha menantang Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Jambi untuk menyediakan perumahan bagi pegawai negeri sipil (PNS) di wilayahnya.

“Saya tantang pengembang di Jambi untuk bangun perumahan PNS. Kita buat kerja sama dengan Pemkot Jambi,” tukas Wali Kota Jambi Syarif Pasha pada Welcome Dinner Rapat Kerja Daerah (Rakerda) REI Jambi, di Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Rabu, 19 Oktober 2022.

Syarif menyatakan, pihaknya mengajak developer anggota REI untuk menyediakan perumahan bagi PNS Pemkot Jambi yang tersebar di 11 kecamatan. “Ayo kita kerja sama membangun perumahan PNS. Seandainya ada dua pola bantuan. Misalnya, pemerintah pusat memberikan bantuan dana uang muka. Sedangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyediakan bantuan angsuran agar mengurangi beban PNS,” tukasnya.

Syarif menjelaskan, saat ini jumlah PNS di Kota Jambi hampir 9 ribu orang. “Sebanyak 30 persen dari PNS di Pemkot Jambi belum memiliki rumah. Ada yang tinggal di pondok mertua indah, tinggal di bedeng, atau di perumahan yang disiapkan,” tutur Syarif.

Selain itu, imbuh Syarif, jumlah aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Jambi mencapai hampir 3.000 pekerja. “Kami juga akan segera melakukan rekrutmen P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja),” ungkap Syarif.

Pengembangan Skala Besar
Untuk mewujudkan pengembangan perumahan bagi PNS Pemkot Jambi, imbuh Syarif, harus dalam skala besar. “Idealnya pengembang membuat konsorsium sehingga pembangunan perumahan PNS bisa dalam skala kawasan. Jadi tidak dalam sistem klaster dan tersebar atau sporadis,” ujarnya.

Dia mencontohkan, dalam pembangunan perumahan di satu kawasan seluas 30 hektare hingga 40 hektare. “Untuk itu, kami bisa mendukung pembangunan sarana dan prasarana serta jalan penghubung. Yang terpenting ada masterplan di sana. Sebab, jika tidak ada masterplan akan bermasalah dengan hukum,” ujarnya.

Menurutnya, bagaimana PNS bisa punya rumah supaya tidak lagi nomaden atau berpindah-pindah. “Ayo kerja sama bangun perumahan PNS. Kota Jambi siap untuk menjadi pilot project di bidang perumahan. Kami siap komitmennya. Mudah-mudahan seluruh Provinsi Jambi bisa segera punya rumah,” tutupnya.

Hadir dalam acara itu, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Tri Saputra Zuna, Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana BP Tapera Ariev Baginda Siregar, Sekretaris Jenderal DPP REI Hari Ganie, Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) REI Soelaeman Soemawinata, dan Ketua DPD REI Jambi Ramond Fauzan. (BRN)


Sumber: