PAMERAN

Tren Pameran Properti Virtual Selama Pandemi

Administrator | Rabu, 25 November 2020 - 11:44:40 WIB | dibaca: 132 pembaca

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Meluncurkan Perhelatan Indonesia Properti Virtual Expo 2020 (IPEX) yang digelar 22 Agustus hingga 30 September 2020. Berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, pameran kali ini dikemas dalam platform digital dengan konsep 4d.

Tidak tanggung-tanggung, pameran yang mengincar calon pembeli dari kalangan milenial ini mematok target 2 juta pengunjung.

“Pemerintah berharap pameran kali ini dapat kembali menggairahkan industri perumahan di Indonesia. Apalagi kita ketahui, sektor industri ini dapat menggerakkan lebih dari 174 industri lainnya, seperti bahan material, paku, semen, genteng, keramik, dan lain-lain,” ucap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, saat membuka Indonesia Properti Virtual Expo 2020, di
Jakarta, Sabtu, (22/8).

Menteri Basuki terus mendorong para pelaku sektor perumahan untuk menjadi salah satu leading sector dalam menopang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Kolaborasi Kementerian PUPR dengan berbagai entitas untuk relaksasi regulasi, perluasan skema pembiayaan dan penyediaan perumahan diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan sektor properti yang memiliki efek berganda (multiplier effect) yang besar pada sektor lain.

Dia juga berharap penyelenggaraan pameran perumahan virtual ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum kebangkitan industri properti bersama-sama.

Direktur Utama Bank Tabungan Negara Pahala Nugraha Mansury mengatakan selama pelonggaran masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pandemi Covid-19 permintaan perumahan bersubsidi naik 70% dan non subsidi naik 30%.

“Jadi kita bisa lihat tren positif sektor perumahan cukup baik. Kami berharap di saat perekonomian mendapat tantangan, pameran properti ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk kembali membeli rumah,” kata Pahala.

Selain sejumlah pejabat Kementerian PUPR, dari DPP Realestat Indonesia tampak hadir Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Komunikasi, Pameran dan Publikasi Ikang Fawzi.

Karena alasan pandemi, pameran kali ini tidak dilakukan di dalam satu ruangan, namun pengunjung cukup “berselancar” di website khusus IPEX lewat ipex.btnproperti.co.id. Tercatat ada sebanyak 200 pengembang yang ikut serta dalam pameran itu.

Perumahan Subsidi
Sementara dalam rangka peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Ke-XIII Tahun 2020, Kementerian PUPR juga menyelenggarakan pameran rumah bersubsidi yang diselenggarakan pada 25-29 Agustus 2020. Di tengah pandemi Covid-19, Kementerian PUPR berupaya meminimalisir kerumunan dan tatap muka dengan menyelenggarakan pameran perumahan secara virtual yang dapat diakses melalui online.

Pameran virtual perumahan subsidi ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Indonesia dan akan dibuka secara langsung oleh Men-teri PUPR Basuki Hadimuljono secara on venue atau via virtual pada Selasa (25/8).

Acara pembukaan pameran juga ditayangkan secara live via zoom dan YouTube Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

“Pemanfaatan teknologi harus memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur, bukan sekedar ikut-ikutan atau mengikuti tren sesaat,” kata Menteri Basuki.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi pameran dapat langsung mengakses melalui website www.hapernas20.com. Pameran virtual ini melibatkan 13 bank pelaksana KPR FLPP dan SSB serta 170 pengembang perumahan subsidi dan Perum Perumnas. (Oki Baren)

Sumber: