AKTUAL

Silaturahmi Keluarga Besar REI Dan Stakeholder

Administrator | Kamis, 31 Oktober 2019 - 10:34:12 WIB | dibaca: 107 pembaca

Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP-REI) menggelar kegiatan Halal bi Halal Keluarga Besar REI dan Stakeholder di Ballroom Sheraton Grand Jakarta – Gandaria City Mall, Selasa (25/6/2019).

Acara silaturahmi yang diadakan setiap tahun ini dihadiri sekitar ratusan pengurus DPP REI, pengurus DPD REI se-Indonesia, para senior REI, serta stakeholder baik mewakili pemerintah, perbankan dan lain-lain. Hadir mewakili Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yakni Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadilmuljo.

Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata dalam sambutannya menyampaikan di bulan Syawal dirinya mewakili pribadi dan kepengurusan DPP REI menyampaikan permohonan maaf sekiranya ada kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam memperjuangkan kepentingan anggota REI di seluruh Indonesia.

Namun dia memastikan bahwa selama hampir tiga tahun dirinya dibantu Sekjen DPP REI Totok Lusida beserta seluruh waketum dan perangkatnya sudah bekerja keras untuk memastikan industri properti terutama segmen perumahan rakyat dapat berjalan optimal sesuai harapan anggota. Dia mengakui tidak semua persoalan dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun dengan berbagai masalah di industri properti yang kompleks.

“Kami intens untuk merespon apapun masalah bersama yang dihadapi anggota dari berbagai daerah. Bahkan saya sampai jam satu dinihari masih sering berkomunikasi dengan teman-teman pengurus di daerah, Pak Totok setahu saya juga begitu. Tapi inilah memang tugas ketum itu untuk melayani kepentingan anggotanya,” ujar Eman, demikian dia akrab disapa.

Dalam kesempatan itu, REI juga menyampaikan apresiasi terhadap berbagai kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah dalam dua tahun terakhir ini untuk menggairahkan kembali industri properti. Tahun lalu misalnya ada kemudahan perizinan dan pelonggaran Loan to Value (LTV), serta tahun ini keluar aturan batas harga rumah yang bebas PPN dan batasan nilai hunian mewah yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Duduk Bersama
Sementara itu, Dirjen Khalawi Abdul Hamid dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan Selamat Merayakan Hari Idul Fitri dan permohonan maaf lahir batin kepada seluruh Keluarga Besar REI. Dia mengharapkan kegiatan seperti ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan menambah kerukunan antar stakeholder perumahan rakyat.

“Dalam kita memperjuangkan penyediaan rumah untuk rakyat ini tentu banyak persinggungan dan perbedaan pendapatan, maka kami mohon dimaafkan,” kata dia.

Khalawi juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada REI yang sejak awal dicanangkan mendukung penuh Program Sejuta Rumah (PSR). Selain telah ikut menggaungkan PSR di ajang dunia terutama di FIABCI.

Meski banyak regulasi yang sudah baik, namun dia mengakui ada banyak kebijakan yang mungkin belum terpuaskan bagi pengembang. Oleh karena itu, Khalawi menyatakan siap untuk menerima pengaduan dan duduk bersama untuk mencari solusi terbaiknya.

Acara ini diakhiri dengan bersalaman dan ramah tamah, serta diakhiri dengan Rapat Paripurna membahas capaian pembangunan rumah subsidi anggota REI di seluruh Indonesia. (Rinaldi)