CSR

REI-BTN Berbagi Untuk Korban Terdampak Covid-19

Administrator | Senin, 30 November 2020 - 15:31:28 WIB | dibaca: 143 pembaca

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) bersama mitra kerja utamanya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk membagikan bantuan bagi warga masyarakat terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di enam provinsi. Program ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari bank pelat merah tersebut yang bekerjasama dengan REI.

Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida mengatakan sebanyak 1.800 paket sembako disalurkan kepada masyarakat di enam kota, yakni di Palembang (Sumatera Selatan), Bandung (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), dan DKI Jakarta yang menjadi pusat seremoni penyerahan bantuan tersebut.

"Kita semua tidak tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir, sehingga dampak ekonomi terhadap masyarakat juga akan semakin dalam," ucap Totok saat seremoni penyaluran paket sembako melalui online dari Surabaya, Selasa, (18/8).

Totok berharap pembagian sembako tersebut dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat akibat dampak corona. Pertimbangan pemilihan keenam kota tersebut yakni karena kota-kota tadi diketahui memiliki banyak kasus Covid-19. REI dan BTN berharap bantuan ini tidak sekadar berhenti di keenam provinsi saja, tapi terus berlanjut ke daerah-daerah lainnya.

Sementara itu, dari Jakarta, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala Nugraha Mansury menyatakan, kegiatan bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dari bank pelat merah tersebut bersama mitra kerja asosiasi pengembang terdepan yakni REI.

"Kerjasama yang kami bangun dengan para mitra pengembang tidak sekadar bisnis semata, namun juga untuk tujuan sosial dan kemanusiaan yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan seperti bakti sosial seperti ini," ucap Pahala. Menurut Pahala, pandemi tidak hanya berdampak terhadap aspek kesehatan, tetapi juga mengganggu ketahanan ekonomi masyarakat.

Ditambahkan, momentum kali ini juga bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 serta peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus.

"Dalam momentum HUT RI ke-75 dan Hapernas 2020 tahun ini kita peringati salah satunya dengan ungkapan tali kasih dan berbagi dengan masyarakat yang terkena dampak Covid-19," ujar Pahala.

Aksi REI
Totok menyebutkan, sebelumnya REI juga telah mengadakan berbagai kegiatan penyaluran bantuan bagi masyarakat selama pandemi Covid-19. Hal ini sebagai bentuk kepedulian sosial dari pelaku usaha terhadap masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi tersebut.

Dicontohkannya, REI Sumsel telah menyalurkan alat pengaman diri (APD) berupa 450 unit baju hazmat, 18 boks T-glove, dan satu ton beras yang diserahkan kepada Wakil Wali Kota Palembang.

Selanjutnya, DPD REI Jawa Barat yang memberikan bantuan berupa 450 paket sembako, 20 ribu masker, 1.500 botol hand sanitizer, dan 3.000 unit baju hazmat ke Provinsi Jawa Barat, serta 100 APD kepada kabupaten/kota dan mitra kerja.

Kemudian REI Sulawesi Selatan yang menyumbangkan 100 paket sembako dan 1.000 masker kain kepada para da’i dan guru mengaji melalui Pusat Dakwah Muhammadiyah (PUSDIM) Kota Makassar.

DPD REI Riau telah menyalurkan APD berupa 400 unit baju hazmat kepada Ikatan Dokter Indonesia Provinsi Riau dan bantuan 800 paket sembako, serta banyak DPD-DPD REI lainnya sudah mendukung upaya pemerintah mengurangi dampak pandemi Covid-19. (Oki Baren)

Sumber: