Kilas Berita

REI-BEI Dorong Pemanfaatan Pasar Modal

Administrator | Jumat, 08 April 2016 - 14:27:34 WIB | dibaca: 906 pembaca

Kini perusahaan properti berskala kecil dan menengah bisa mencari sumber pendanaan dari pasar modal. Perusahaan properti berskala menengah maupun kecil bisa memanfaatkan pasar modal untuk mencari sumber pendanaan dengan menerbitkan obligasi dan Dana Investasi Realestat (DIRE).

“Kalau untuk DIRE, perusahaan properti yang punya aset dan memiliki pendapatan sewa (recurring income) seharusnya bisa mengeluarkan DIRE. Bila perlu membentuk holding company beberapa perusahaan properti yang punya mal, hotel atau ruang perkantoran kemudian menerbitkan DIRE. Uang yang diperoleh dari DIRE bisa di investasikan lagi untuk membangun properti lainnya. Ini sangat sederhana. Paling penting adalah jika perusahaan properti ingin menerbitkan obligasi harus mendapat peringkat (rating) dari perusahaan pemeringkat (rating agency),” ujar Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio saat berdiskusi dengan pengurus teras DPP REI medio Januari 2016.

Ketua Umum DPP REI, Eddy Hussy mengatakan, pertemuan ini menjadi sarana komunikasi yang efektif, sehingga REI bisa mendapatkan pemahaman positif mengenai instrumen pasar modal.

“Kami siap bekerjasama dengan Bursa untuk memberikan pemahaman kepada anggota REI, sehingga bisa bermanfaat bagi industri properti nasional,” kata Eddy.