Berita

REI Optimistis Bisnis Properti Bisa Tumbuh 8-9 Persen Tahun Ini

Administrator | Senin, 10 Februari 2020 - 15:02:21 WIB | dibaca: 67 pembaca

Foto: Istimewa

VIVAnews – Sekretaris Jenderal DPP REI, Amran Nukman mengatakan pihaknya optimistis dalam melihat prospek sektor properti di tahun 2020 ini.

Meski, kepercayaan di sektor properti untuk tahun 2020 ini memang tidak seoptimis tahun-tahun sebelumnya.
"Kita melihat di tahun 2020 ini dengan optimistis, walaupun tidak pede pede banget," kata Amran di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 6 Februari 2020.

"Karena pertumbuhannya tidak seperti yang lalu-lalu, di mana bisa tumbuh dua digit," ujarnya.

Amran memprediksi pertumbuhan sektor properti di tahun 2020 ini bisa mendekati 8-9 persen. Angka itu menurutnya sudah cukup menggembirakan melihat lesunya sektor properti dalam beberapa tahun terakhir.

Menyiasati  lesunya kondisi pasar properti, DPP REI akan menentukan harga jual properti dengan memperhatikan aspek keterjangkauan ekonomi masyarakat. Berdasarkan survei dari beberapa pakar properti, kisaran harga yang diminati masyarakat saat ini adalah Rp750 juta ke bawah.

"Maka itulah salah satu fakta hari ini, di mana Ciputra grup meluncurkan produk properti mereka dengan harga Rp600 juta di kawasan Sentul, Bogor," kata Amran.
Siasat kedua, lanjut Amran, adalah memanfaatkan transportasi publik yang sedang marak digunakan publik, seperti misalnya LRT, MRT atau jalan tol baru, sebagai daya tarik penjualan properti.

"Intinya yakni memanfaatkan akses-akses publik, sehingga menjadi daya tarik bagi properti yang dijual tersebut," ujar Amran.

Siasat ketiga, Amran menegaskan bahwa setiap pengembang harus memikirkan betul siapa orang yang saat ini punya uang atau siapa yang akan jadi konsumen dan pembeli dari properti yang dijual tersebut.

"Nah, hal-hal itulah yang bisa membuat kita menjadi optimis, di tengah kondisi pasar properti yang ada saat ini," ujarnya.

Sumber: