Berita

REI Desak Asing Dapat Kucuran KPA

Administrator | Jumat, 29 Juli 2016 - 11:25:28 WIB | dibaca: 596 pembaca

Ilustrasi properti asing (ist)

JAKARTA- Pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) mengharapkan pemerintah dan perbankan memperbolehkan warga negara asing (WNA) mendapat kredit pembelian apartemen (KPA) di Indonesia. Hal ini untuk menindak lanjuti dibukanya keran kepemilikan property bagi WNA yang digulirkan pemerintah beberapa waktu lalu.
 
“Kami menyambut baik adanya PP nomor 103 tahun 2015 mengenai pembukaan keemilikan properti bagi asing di Indonesia, namun kami juga berharap ada kemudahan dari perbankan untuk bisa memberikan KPA bagi asing yang membeli properti di Indonesia,” kata Ketua Umum REI Eddy Hussy.

Dia menambahkan, kedepan kebijakan tersebut dapat mendongkrak penjualan properti kepada WNA di Indonesia. Aturan itu memberi peluang WNA menggunakan hak pakai selama kurun waktu 80 tahun. Skema hak pakai itu pertama 30 tahun, lalu dapat diperpanjang 20 tahun dan dapat diperpanjang 30 tahun. “Sekarang sudah jelas aturannya, namun belum bisa menggunakan kredit lewat perbankan,” katanya.
 
Menurut Eddy, hak pakai tadi juga dapat diteruskan kepada ahli waris. Namun demikian, kata dia, meski kepemilikan properti asing ini sudah dibuka krannya, pelaksanaannya masih sulit. Ada beberapa faktor yang mengganjal seperti soal keharusan pembeli menetap atau memiliki izin tinggal selama 5 tahun. Selain itu, ada kesulitan pengembang dalam mengubah dari hak guna bangunan (HGB) jadi hak pakai.
 
Sumber: Beritasatu.com