Jalan-Jalan

Pesona Wisata "Bumi Tambun Bungai"

Administrator | Selasa, 10 September 2019 - 14:11:54 WIB | dibaca: 20 pembaca

Foto: Istimewa

Nama Palangkaraya, Kalimantan Tengah, kembali tersohor setelah Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan kota tersebut sebagai ibukota pemerintahan Republik Indonesia, baru-baru ini. Sinyal kota ini akan dipilih dan ditetapkan sebagai ibukota baru semakin menguat, dan tinggal menunggu waktu saja.

Namun tidak banyak yang tahu kalau Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Kota Palangkaraya ternyata memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ibukota Kalimantan Tengah ini merupakan kota dengan luas area terbesar di Indonesia. Selain sungai dan danau, kota ini dikelilingi hutan lindung dan taman nasional dengan beribu kekayaan flora dan faunanya. Kota ini memiliki luas wilayah 2.400 kmĀ² dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa per kmĀ².

Berikut pilihan sejumlah objek wisata menarik di ibukota provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai tersebut yang layak Anda kunjungi.

Pantai Ujung Pandaran
Objek wisata pantai ini berada di Ujung Pandaran, Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Obyek wisata pantai di palangkaraya ini menjadi kesukaan masyarakat setempat karena keindahan alaminya, pasir putih pantainya, dengan barisan pohon kelapa yang membuat pantai di Palangkaraya ini menjadi sangat eksotis.

Danau Tahai
Wisata alam Danau Tahai berada di Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangkaraya. Danau ini sebenarnya adalah bekas lubang penggalian pasir oleh masyarakat sekitar selama bertahun-tahun. Bekas galian pasir tersebut kini terisi air hujan dan berubah menjadi sebuah danau. Kini diolah masyarakat sekitar menjadi tempat wisata yang indah.

Uniknya, air danau ini berwarna merah akibat mengandung gambut yang membesar dan larut bersama air.

Museum Balanga
Museum ini dikategorikan sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia. Hal itu karena museum yang satu ini menyimpan banyak sekali artefak budaya suku dayak yang ada di Kalimantan Tengah. Di museum yang berada di Palangka, Jekan Raya, Kota Palangka Raya, ini Anda dapat melihat banyak sekali berbagai macam barang yang berkaitan dengan kehidupan suku Dayak.

Penangkaran Orang Utan
Penangkaran Orang Utan di Bos Nyaru Menteng, Palangkaraya ini merupakan milik Yayasan Borneo Orangutan Survival. Di tempat wisata alam ini, pengunjung bisa bermain dengan orangutan tangkaran dengan latar belakang hutan asli. Lokasinya di Jalan Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Taman Nasional Bukit Raya
Taman nasional ini adalah habitat perlindungan berbagai macam hewan khas Kalimantan seperti beruk sikan seluang, baung adung dan spesies lainnya. Tempat ini juga menjadi kawasan resapan air di wilayah Palangkaraya dan sekitarnya.

Wisata Susur Sungai Kahayan
Wisata Susur Sungai Kahayan ini dapat dilakukan dari dermaga Tugu Pahlawan. Para pengunjung akan disuguhi pengalaman menyusuri alur Sungai Kahayan. Setiap tiga jam sekali, akan ada kapal yang siap mengantarkan 25 wisatawan untuk menyusuri sungai nan eksotik tersebut.

Selain pemandangan rumah terapung, Anda dapat pula menikmati indahnya jembatan Sungai Kahayan pada waktu sore menjelang malam. Jangan lupa mencicipi kuliner-kuliner khas Kalimantan tengah yang banyak dijajakan di pinggiran sungai.

Taman Nasional Sebangau
Taman nasional ini merupakan salah satu hutan rawa gambut yang masih tersisa di Kalimantan. Hutan tersebut juga dikenal dengan ekosistem khusus air hitam. Ekosistem ini merupakan ekosistem yang berasal dari bahan-bahan organik membusuk di rawa gambut yang mengakibatkan air menghitam dan berbagai organisme unik hidup mendiaminya. Luasnya sekitar 568.700 hektar.

Selain menjadi rumah untuk ribuan orangutan, Taman Nasional Sebangau juga menjadi habitat untuk 25 jenis mamalia, 116 jenis burung borneo, 36 jenis ikan, serta sekitar 166 jenis flora. Suasana sejuk dan asri, cocok untuk tempat wisata keluarga.

Taman Nasional Tanjung Putting
Taman nasional ini adalah salah satu di antara cagar alam yang ditetapkan UNESCO menjadi biodiversity bank. Maksudnya sebagai cadangan plasma nutfah di dunia. Taman Nasional ini berlokasi di Teluk Pulai, Waringin Barat, Kalimantan Tengah. Taman nasional ini menjadi tempat wisata edukasi dan penelitian.

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya
Taman nasional ini berada di perbatasan Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah. Taman nasional ini memiliki peran penting dalam fungsi hidrologis, yaitu sebagai kawasan tangkapan air untuk daerah aliran Sungai Melawi di Kalimantan Barat dan daerah aliran Sungai Katingan di Kalimantan Tengah. Taman nasional ini dihuni oleh banyak macam flora dan fauna. (Taria Dahlan)