Jalan-Jalan

Pesona Pantai Indah Di Kota Seribu Goa

Administrator | Rabu, 20 November 2019 - 09:58:21 WIB | dibaca: 195 pembaca

Foto: Istimewa

Nama Pacitan mulai naik tahun dalam lebih dari satu dekade terakhir. Namun bukan karena pemandangan indahnya, melainkan karena menjadi kota kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Padahal, kota berjuluk Kota Seribu Goa yang hanya berjarak empat jam perjalanan dari Yogyakarta ini memiliki banyak pantai yang sangat layak untuk dikunjungi dan dijelajahi. Pantai di Pacitan termasuk dalam pesisir selatan pulau Jawa, sehingga keindahannya juga tidak kalah dengan Bali dan Lombok.

Dengan garis pantai yang cukup panjang, ditambah ombak dari Samudera Hindia yang dahsyat menghempas, membuat pantai-pantai di Pacitan menawarkan pesona tersendiri yang mungkin tak bisa ditemukan di tempat lain. Berikut pantai indah di Pacitan yang kami rekomendasikan buat Anda.

Pantai Klayar
Pantai Klayar di Pacitan masih sepi dan alami, pasir putih agak kecoklatan bersanding damai dengan gagahnya karang yang menjorok kelaut. Ditambah lagi, kadang pengunjung akan disuguhkan dengan semburan air laut yang masuk melalui karang yang seolah-olah menjadi pemecah ombak dan melindungi pengujung di pantai tersebut.

Selain pasir putih yang bersih, air lautnya pun masih biru toska bersih. Tidak hanya itu, ada pula sebuah tebing karang setinggi 50 meter yang menjadi ciri khas Pantai Klayar. Jangan lupa juga menikmati matahari terbenam di pantai ini. Pasalnya, matahari terbenam di sini sangat indah dan memanjakan mata.

Pantai Pidakan
Pantai Pidakan berlokasi di Desa Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan. Pantai ini terkenal dengan kesejukannya. Berbeda dari pantai-pantai di Pacitan yang didominasi pasir, Pantai Pidakan didominasi 70% bebatuan alam, sedangkan sisanya adalah pasir.

Selain bisa bersantai dan memanjakan mata, pantai ini juga sangat cantik untuk diabadikan keindahannya. Selain itu, banyak biota laut yang bisa dilihat, seperti bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau, serta cangkang-cangkang hewan laut.

Pantai Ngandul
Pantai Ngandul, memiliki lokasi yang berdekatan dengan Pantai Buyutan yang sudah lebih dahulu dikenal masyarakat. Berbeda dengan Pantai Buyutan yang sudah lebih mudah dijangkau, Pantai Ngandul masih tersembunyi dan jarang sekali ada pengunjung yang datang ke pantai ini.

Uniknya pantai ini adalah bentuknya yang seperti tebing, namun langsung berbatasan dengan laut lepas. Apalagi, tidak ada pasir di pantai ini, hanya karang dan tebing. Walaupun di pantai ini tidak terdapat pasir seperti pantai pada umumnya namun pantai ini memiliki daya tarik yang indah, yaitu sungai dan air terjun kecil yang langsung menuju ke laut.

Selain air terjun, pantai ini terdapat celah seperti teluk sehingga air laut dapat menjorok ke daratan, tempat tersebut bisa dijadikan tempat foto yang menarik. Namun, berhati-hatilah saat berwisata ke pantai ini, katena licin dan curam, atu karangnya juga terjal.

Pantai Taman
Pantai Taman menjadi pantai dengan garis pantai terpanjang di Pacitan. Uniknya, di sebelah timur pantai ada danau kecil berair payau yang juga menjadi daya tarik tersendiri.

Di dekat pantai ini ada pula kawasan pesisirnya yang digunakan untuk beberapa jenis penyu bertelur. Awalnya, saat banyak penyu ke daerah itu, masyarakat menangkap dan memperjual belikannya, karena itulah saat ini, di daerah tersebut terdapat penangkaran penyu.

Yang paling menarik di pantai ini selain wisata pantainya, adalah pengunjung bisa meluncur dari atas tebing ke pantai berpasir putih diselingi angin, yang terkadang bertiup cukup kuat dari arah laut. Bagi kamu para petualang, tentu tidak boleh lupa mencoba flying fox ini. Bagaimana apakah tertarik ke Pacitan untuk berwisata pantai? (Teti Purwanti)