AKTUAL

Pemerintah Undang Investor ke 5 DSP dan 8 KEK Pariwisata

Administrator | Senin, 09 Januari 2023 - 15:29:30 WIB | dibaca: 30 pembaca

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengundang para investor untuk berinvestasi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) dan 8 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.
 
Ajakan itu disampaikan Menteri Parekraf Sandiaga S. Uno pada acara “Forum Investasi dan Pembiayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” di Jakarta, Kamis (28/7/2022). 
“Forum ini diselenggarakan untuk mengakselerasi investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan membuka peluang usaha dan pembiayaan di 5 DSP dan 8 KEK pariwisata yang sudah siap ditawarkan kepada para investor,” ujar Menteri Sandiaga Uno.

Adapun kebutuhan investasi dan pembiayaan di 8 KEK Pariwisata seperti Morotai, Singosari, Tanjung Lesung, Likupang, Lido, Nongsa, Tanjung Kelayang, dan Mandalika diperkirakan sebesar Rp226,79 triliun. Sedangkan kebutuhan investasi dan pembiayaan di tiga Badan Otorita Pariwisata yaitu Borobudur, Labuan Bajo, dan Danau Toba sebesar Rp6,7 triliun. 

Selain itu, yang paling mendesak adalah realisasi investasi ako-modasi di 5 DSP. Selain investasi yang mendukung kesiapan Indonesia menggelar event-event berskala internasional seperti KTT G20 atau ASEAN Summit. 

Dengan terbukanya peluang investasi, kata Menparekraf, maka diharapkan mendorong penciptaan kebangkitan ekonomi dan lapangan kerja yang ditargetkan tahun ini tercipta 1,1 juta lapangan kerja baru. 

“Sesuai arahan Presiden, bahwa proyek-proyek infrastruktur harus selesai dari 2023-2024, tidak boleh ada yang mangkrak. Untuk itu, investor harus bergegas menyelesaikan pembangunan sehingga pada 2024 target 4,4 juta lapangan kerja baru dapat terealisasikan,” ujarnya. 

Peluang tersebut, kata Sandiaga, juga terlihat ketika pada Mei 2022 World Economic Forum merilis daftar Travel & Tourism Development Index (TTDI) 2022 di mana Indonesia berada di peringkat 32 dari 117 negara atau naik 12 posisi dibandingkan pada 2019. 

Menurutnya, para investor melihat ada peluang yang signifikan yang dilihat dari TTDI Indonesia yang naik 12 peringkat di atas Thailand dan Malaysia. Sehingga inilah kesempatan terbaik untuk berinvestasi, kata Menparekraf. 

Ditambahkan, sistem KEK sangat menarik karena bisa memberikan insentif dari sisi keuangan, perpajakan, pembiayaan, dan pengelolaan lahan. KEK ini adalah model yang juga sudah digunakan negara-negara lain. Sandiaga berharap forum tersebut dapat menyusun skema-skema pembiayaan yang bisa diterapkan di proyek pariwisata sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan di 5 DSP dan 8 KEK Pariwisata.
 
Langkah Konkret 
Di tempat terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan mengatakan sesuai ins-truksi Presiden Jokowi pemerintah diminta fokus dalam mengelola 5 DSP yakni Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang. 

Peringkat Indonesia menurut Travel & Tourism Development Index (TTDI) lebih tinggi dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia. 

“Pemerintah menargetkan 60-70 persen pendapatan pariwisata berasal dari turis do-mestik,” jelas Menteri Luhut pada Rakornas Pengembangan 5 DSP di Jakarta, Jumat (15/7/2022). 

Pada 2022, percepatan transformasi sek-tor pariwisata dan ekonomi kreatif dilaku-kan di 5 DSP. Pemerintah menekankan pada lima poin penting diantaranya, percepatan penyelesaian pengembangan 5 DSP dan pe-nerapan ekonomi biru, hijau, dan sirkular. 

Selain itu, pemerintah juga akan melaku-kan percepatan pendirian Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) dan investasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sertifikasi internasional, serta sinergi holding BUMN pariwisata dengan kementerian/lem-baga/pemda. 

“Untuk infrastruktur akan terus kita benahi, hotel dan sebagainya. Ini nanti akan membuat pariwisata menjadi naik,” ungkap Menko Luhut. 

Selain itu, pemerintah juga akan fokus dalam membenahi pengelolaan sampah, penerapan instrumen ekonomi lingkungan hidup, dan penggunaan EBT pada atraksi wisata, desa wisata, hotel, atau pelaku UMKM. 

Pemerintah akan meningkatkan investasi berbasis lingkungan dan ekonomi inklusif pa-da sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Kita juga telah melaksanakan pemasang-an SPKLU di Borobudur dan Labuan Bajo. Uji coba bus listrik milik PT INKA di Borobudur ini akan ada sampai Desember 2022,” tutur Menko Luhut. 

Pembentukan Jamkrida di Jawa Tengah, NTT, dan NTB juga dinilai sangat membantu penyaluran kredit UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sedangkan Jamkrida di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara renca-nanya akan dibentuk pada November 2022. Diharapkan Jamkrida di 5 DSP dapat mendukung pengembangan UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Sementara itu, dalam kesempatan sama Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan setelah membangun sejumlah infrastruktur transportasi untuk mendukung pengembangan 5 DSP pihak-nya akan berupaya mengoptimalkan penge-lolaan infrastruktur transportasi yang telah dibangun. 

“Salah satunya melalui kerja sama deng-an pihak swasta nasional maupun asing,” ujar Menhub. 

Dijelaskan, tahapan mulai dari pemba-ngunan sampai dengan pengelolaan infras-truktur transportasi harus dilakukan secara berkelanjutan, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (Rinaldi)


Sumber: