Berita

Pameran Properti Terbesar Indonesia International Property Expo 2019 Catat Kenaikan Transaksi

Administrator | Selasa, 01 Oktober 2019 - 14:25:57 WIB | dibaca: 687 pembaca

Foto: Istimewa

Gelaran pameran properti terbesar Indonesia International Property Expo 2019 telah selesai dilaksanakan. Pameran properti kerjasama dari REI, Dyandra Promosindo dan Rumah.com ini diselenggarakan pada tanggal 21-29 September 2019 di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC). IIPEX 2019 juga diselenggarakan serentak di 3 kota, yaitu di Medan, Surabaya, dan Denpasar pada tanggal 25-29 September 2019.

Pelaksanaan IIPEX serentak di 4 kota dibuka oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, pada opening ceremony tanggal 25 September 2019 di Main Stage, Hall A JCC. Di opening ceremony ini juga dihubungkan teleconference bersamaan di 4 kota ini untuk menandakan pembukaan IIPEX serentak secara nasional.

Kementerian ATR/BPN sendiri turut berpartisipasi dalam IIPEX 2019 dengan menghadirkan booth bersama Bank BTN, yang menawarkan berbagai layanan pertanahan dari kantor pertanahan se-DKI Jakarta. Mulai dari perubahan hak atas tanah, pengecekan sertifikat, pengecekan zona nilai tanah, serta sosialiasi mengenai Hak Tanggungan elektronik atau sistem HT-el.

Tercatat lebih dari 200 pengembang dengan 1.000 proyek properti berpartisipasi dalam pameran, dengan pilihan harga kompetitif mulai dari rumah subsidi Rp 100 jutaan hingga hunian mewah Rp 5 miliaran. Lokasi hunian juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan pameran IIPEX juga diikuti oleh pengembang dari luar negeri, yaitu dari Thailand.

Marine Novita mengungkapkan bahwa harga rumah di bawah 1 miliar masih yang paling banyak dicari oleh pengunjung, “Pengunjung masih banyak mencari rumah yang harganya di bawah 1 miliar dan lokasinya sekitar Jabodetabek. Pada kuartal dua tahun ini juga menunjukkan tren yang positif yang diprediksi akan berlanjut ke kuartal-kuartal selanjutnya. Itulah sebabnya IIPEX 2019 yang berlangsung di penghujung kuartal tiga sangat diminati oleh pelaku industri properti”.

Selain menghadirkan developer, pameran IIPEX juga menghadirkan ragam talkshow dengan berbagai topik setiap harinya. Mulai dari topik mengenai perpindahan ibukota negara, mengapa milenial harus membeli properti, cara berbisinis properti tanpa membeli properti hingga topik mengenai gaya hidup tentang otomotif dan lingkungan rumah yang sehat.

“Pada pameran ini kami tidak hanya menghadirkan dan memfasilitasi pengembang dan konsumen untuk sekedar bertemu dan melakukan transaksi, tetapi juga melakukan edukasi yang bermanfaat dan informatif untuk pengunjung dan sales agent mengenai industri dan bisnis properti” ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

Undian Grand Prize di Acara Penutupan IIPEX 2019

Pada acara penutupan IIPEX 2019 (29/9), Ikang Fawzi selaku Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi, Promosi dan Pameran DPP REI menyatakan optimismenya mengenai industri properti yang masih akan terus bergerak.

“Kami dari penyelenggara berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya mencapai program nasional pembangunan sejuta rumah untuk kesejahteraan masyarakat. Termasuk salah satunya mengadakan pameran ini. Kami optimis bahwa industri properti masih akan terus bergerak. Untuk itu kami berharap ke depannya dapat terus menyediakan wadah dan memfasilitasi pasar properti agar dapat terus berkembang.”

Bersamaan dengan itu, juga diumumkan pencapaian IIPEX 2019 dengan berhasil menarik pengunjung sebanyak 45.268 selama 9 hari dan mencatat transaksi sekitar Rp 450 miliar dengan lebih dari 500 unit terjual.

Terdapat 3 developer dengan penjualan terbaik yaitu Lavon, Perumnas, dan Progress Group.

“Atas terjadinya force majeure (aksi demo) beberapa hari yang lalu yang berimbas hingga ke JCC, kami mengucapkan mohon maaf karena tidak dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Meskipun begitu, REI bekerja sama dengan Dyandra Promosindo dan Rumah.com telah melakukan extraordinary effort dalam mempromosikan pameran ini untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung mendapatkan rumah impian mereka. Terbukti angka transaksi ini naik 2x lipat dibandingkan tahun lalu (REI Mega Property Expo) dan pengunjung juga meningkat,” urai Ikang Fawzi.

IIPEX 2019 ditutup dengan pengundian cashback, grand prize berupa 4 unit Solahart dan 1 unit Toyota New Avanza persembahan dari Astrido. Tercatat 15 orang sudah mendapatkan cashback uang tunai senilai masing-masing Rp 10 juta.

Sedangkan grand prize mobil diraih oleh pengunjung dengan nomor kupon 03690 atas nama Romeli Santiago.
 
Sumber: