Kilas Berita

Merawat Keramik Tetap Mengilap

Administrator | Selasa, 02 Juni 2020 - 13:54:14 WIB | dibaca: 43 pembaca

Istimewa

Lantai rumah adalah komponen penting di dalam rumah, terutama untuk menjaga kesehatan. Apalagi di dalam rumah, kerap kali para penghuni tidak menggunakan alas kaki. Sehingga kaki selalu bersentuhan dengan keramik.

Ditambah lagi, masalah keindahan di dalam rumah. Keramik yang senantiasa mengilap tentu menjadi dambaan semua orang. Mau tahu bagaimana menjaga keramik tetap mengilap di segala kondisi? Ini caranya!


1. Teratur Menyapu dan Mengepel Lantai
Tidak dipungkiri, lantai yang kotor bisa berakibat pada kesehatan, apalagi kalau di rumah ada anak kecil. Oleh karena itu, lantai keramik harus rajir disampu agar terhindar dari kotoran, yang bukan hanya berpengaruh pada kesehatan penghuni, namun juga permukaan keramik menjadi rentan tergores. Selain itu, debu yang menumluk pada permukaan lantai dapat membuat tampilan permukaan terlihat kusam. Jangan lupa untuk menyapu dan mengepel lantai secara teratur, yang menjadi hal utama untuk kesehatan dan juga membuatnya tetap mengilap. Biasakan mengepel lantai setidaknya dua hari sekali.

2. Gunakan Cairan Pembersih
Bersihkan permukaan lantai dengan menggunakan cairan pembersih. Cairan pembersih akan mengangkat noda-noda yang membandel sekaligus menjaga kebersihan lantai dari bakteri.Agar kegiatan membersihkan lantai lebih efektif, gunakan pel lantai dengan serat-serat microfiber yang memiliki daya serap tinggi. Perhatikan agar tidak menggunakan cairan pembersih terlalu banyak. Ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan produk. Selain itu, hindari penggunaan pembersih lantai yang mengandung asam karena bersifat sangat korosif. Kandungan asam yang berlebihan dapat merusak glazur keramik sehingga tampilan kilapnya berkurang. Gunakan produk-produk khusus pembersih lantai yang diformulasikan khusus sehingga aman bagi permukaan keramik.

3. Bilas dengan Air Bersih
Tidak banyak yang tau kalau sebaiknya membilas lantai yang telah dipel dengan cairan pembersih dengan air bersih. Membilas kembali lantai dengan air bersih dilakukan agar cairan pembersih tidak menempel pada permukaan keramik. Zat-zat kimia dalam cairan pembersih yang dibiarkan lama menempel pada lantai keramik akan merusak tampilan keramik.

4. Nat Juga Perlu Dibersihkan
Nat nat atau bagian sambungan antar lantai akan berubah warna menjadi kehitam-hitaman karena sering diinjak-injak. Nat juga tidak bisa langsung bersih hanya dengan disapu dan dipel. Kombinasi 7 cangkir air hangat, 1/2 cangkir soda kue, 1/3 cangkir amonia, 1/4 cuka putih untuk membersihkan nat di rumah.

5. Menghilangkah Goresan
Keramik juga bisa tergores, oleh karena itu selain meminimalisasi goresan pada lantai, gunakanlah sedikit baking soda dengan pasta gigi hingga teksturnya mengental. Oleskan campuran tersebut di keramik yang tergores dengan kain basah. Gosok perlahan dengan agak ditekan dan lihat perubahan menakjubkan pada lantai keramik. Semprotkan larutan campuran tersebut ke area nat. Diamkan selama 3-5 menit agar meresap ke dalam nat, lalu sikat dengan sikat berbulu kaku hingga kotoran terangkat. Gunakan kain lap basar untuk membersihkan genangan kotoran setelah selesai menyikat. Selamat mencoba! (Teti Purwanti)