E-MAGAZINE

MAJALAH REI AGUSTUS 2022

Administrator | Rabu, 21 September 2022 - 14:14:43 WIB | dibaca: 155 pembaca

TEKAD UNTUK LEBIH BAIK


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua


Tidak terasa kita sudah kembali berada di bulan Agustus. Satu bulan istimewa yang selalu mengingatkan kita semua sebagai bangsa Indonesia akan betapa besar tekad dan semangat para pendiri bangsa ini untuk memerdekakan diri dari kuku penjajahan. Tujuan mereka satu yakni membuat kehidupan bangsa menjadi lebih baik dan berkualitas.

Tujuan yang sama mulia juga terus dilakukan Realestat Indonesia (REI). Sebagai organisasi perusahaan realestat tertua dan terbesar di Indonesia, REI terus berjuang untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi anggota.

Salah satunya melalui program pendidikan dan pelatihan (diklat) yang setelah lebih dari dua tahun dijalankan secara online (daring), kini kembali digiatkan secara tatap muka (offline). Di Juli-Agustus 2022, Badan Diklat DPP REI setidaknya sudah menyelenggarakan diklat secara offline di tiga daerah yakni Banten, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Ratusan peserta anggota REI dikabarkan ikut serta dan antusias mengikuti ketiga diklat tersebut. Bahkan jika dihitung sejak 2016, dimana diklat REI mulai intens dilakukan di setiap daerah, setidaknya ribuan anggota sudah mendapatkan pelatihan dari Badan Diklat DPP REI.

Semangat dan komitmen REI untuk terus menambah kemampuan anggotanya ini tentu bukan tanpa alasan. Perubahan zaman begitu cepat, bahkan kadang terjadi tanpa disadari karena terlalu cepat. Regulasi yang berubah drastis terutama sejak terbitnya Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) perlu diketahui anggota. Demikian pula perubahan teknologi terutama perkembangan digital marketing patut diupdate kepada anggota.

Tentang perubahan ini, kita mungkin diingatkan kepada teori survival of the fittest yang digagas Charles Darwin. Dia mengatakan bukan yang terkuat yang mampu bertahan, tetapi yang paling adaptif terhadap perubahan. Rhenald Kasali, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pun berpesan untuk tidak takut dengan perubahan.

Oleh karena diklat ini sangat penting untuk menyikapi perubahan yang terus terjadi. Untuk itu, kita semua wajib mendukung perjuangan DPP REI untuk dapat terus menyelenggarakan diklat di seluruh daerah. Usaha ini juga patut mendapat apresiasi dan dukungan dari Kementerian PUPR yang terus berulang kali menuntut adanya peningkatan kualitas rumah yang dihasilkan pengembang, meski pun di sisi lain harga rumah bersubsidi yang dinanti pengembang cukup lama “digantung”

Semula kenaikan harga rumah subsidi diprediksi akan diumumkan pada Juni atau Juli 2022, namun sampai pertengahan Agustus belum juga ada kepastian. Infonya nasib harga baru ini masih dibahas di Kementerian Keuangan. Kondisi itu membuat banyak pengembang rumah subsidi saat ini bingung antara harus menunda pembangunan atau tetap bertahan di tengah kesulitan cashflow.

Dibutuhkan kebijakan pemerintah dalam merespon situasi ini. Apalagi tiga tahun lamanya harga rumah subsidi tidak ada kenaikan, sementara kenaikan harga tanah dan bahan material sudah berulang kali terjadi karena inflasi. Lagi-lagi, situasi ini tidak tahu sampai kapan? Sementara pemerintah tetap terus meminta developer meningkatkan kualitas rumah!

Pembaca yang budiman, di edisi ini kami juga turunkan topik utama tentang ancaman resesi global yang membayangi semua negara, tidak terkecuali Indonesia. Karena secara teori, tidak ada negara yang benar-benar kebal dari krisis atau resesi ekonomi.

Kami tidak ingin terkunci pada perdebatan akankah resesi global yang sekarang sudah berdampak ke sejumlah negara bakal terjadi atau tidak di Indonesia. Tetapi pesan kami adalah bagaimana cara kita meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi hal-hal terburuk yang mungkin terjadi jika resesi ekonomi mendera. Karena sekali lagi, perubahan dapat terjadi kapan saja, dan sebaik-baik situasi adalah ketika kita sudah bersiap diri.

Semoga ulasan-ulasan yang kami sampaikan di edisi ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua, setidaknya memberikan informasi dan data terkini untuk kemajuan industri properti nasional.

Selamat merayakan HUT REI ke-77. Semoga kita tetap mewarisi tekad dan semangat para pejuang bangsa untuk membuat semua (kehidupan) ini menjadi lebih baik dan berkualitas.



Drs. Ikang Fawzi, MBA
Pemimpin Redaksi