Kilas Berita

Lippo Karawaci Siapkan Proyek Mal Terbesar di Indonesia

Administrator | Senin, 04 November 2019 - 10:10:21 WIB | dibaca: 102 pembaca

Foto: Istimewa

Perusahaan properti, PT Lippo Karawaci Tbk berencana membangun proyek Mall Cikarang Orange County pada 2020. Mal ini akan menjadi salah satu pusat ritel terbesar di Indonesia.

CEO PT Lippo Karawaci Tbk, John Riady mengungkapkan pada 2020 pihaknya akan kembali membangun proyek baru di Cikarang, yakni Mall Cikarang Orange County. Mal ini akan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Menurut dia, jumlah penduduk Cikarang yang banyak tak sebanding dengan keberadaan mal di wilayah tersebut, sehingga dibutuhkan mal baru.

Meski Lippo memiliki Mall Lippo Cikarang yang cukup besar dan telah berdiri 20 tahun lebih, namun pusat perbelanjaan tersebut kini dianggap tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

“Mall Lippo Cikarang sekarang pengunjungnya ramai sekali, sedangkan masyarakat Cikarang kini butuh lifestyle mall yang lebih komplit,” kata John dalam acara dengan media, baru-baru ini.

Berdasarkan kajian internal perusahaan, meskipun trafik pengguna online semakin meningkat, namun mal di Indonesia tidak pernah sepi pengunjung. Trafik pengunjung mal setiap tahun justru mengalami kenaikan sekitar 20% khususnya lifestyle mall yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan kuliner dan hiburan bagi pengunjung.

Selain mal di Cikarang, dalam enam tahun ke depan Lippo Karawaci berencana membangun 100.000 rumah dengan nilai investasi Rp100 triliun. Perseroan masih memiliki landbank seluas 8.000 hektare dan 1.300 hektare di antaranya telah siap dibangun.

John Riady CEO menyebutkan rencana pembangunan 100.000 unit rumah akan menjadi rencana menengah utama Lippo. Pasalnya, pihaknya berencana untuk lebih fokus terhadap tiga pilar utama mereka yakni perumahan, mal, dan health care.

“Di Meikarta sendiri kan sudah ada 22.500 unit jika kita lihat di lima hingga enam tahun ke depan ya bisa mencapai 100.00 rumah. Jumlah rumah itu adalah hasil dari total keseluruhan unit Lippo Karawaci, Lippo Cikarang dan Gowa Makassar Tourism Development (GMTD), “ kata dia.

John menuturkan bahwa hal ini menjadi salah satu bentuk apresiasi Lippo Karawaci dalam mendukung kebijakan pemerintah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga (SBS) dan berbagai usaha pemerintah dalam memenuhi kebutuhan rumah.

Karena itu, Lippo Karawaci juga memberikan komitmen untuk membantu pencapaian target pemerintah membangun 635.361 unit rumah baru di 2019. (Rinaldi)