AKTUAL

Serentak di 4 Kota Besar

Kolaborasi REI Untuk Gairahkan Kembali Pasar Properti

Administrator | Rabu, 22 Januari 2020 - 10:17:14 WIB | dibaca: 96 pembaca

Kondisi properti di Indonesia memang belum sepenuhnya pulih bahkan hingga jelang akhir 2019. Meski begitu, harus ada upaya untuk terus membangkitkan gairah pasar dan semangat pengembang, salah satunya melalui pameran properti berskala nasional yang digelar Realestat Indonesia (REI) bersama Dyandra Promosindo dan rumah.com.

Perhelatan yang bertajuk Indonesia International Property Expo (IIPEX) ini berlangsung serentak di empat kota besar sekaligus dari 21-29 September 2019. Keempat kota tersebut adalah Jakarta, Medan, Surabaya dan Bali. Tak berlebihan jika pameran ini disebut sebagai “The Biggest Property Expo in Indonesia”.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata mengungkapkan pameran menjadi salah satu cara asosiasi tersebut untuk tetap memberi semangat kepada pengembang kalau pasar akan segera pulih. Optimisme yang dijunjung REI didasari prinsip bahwa pasar properti di Indonesia masih ada dan akan selalu ada. Kendati sempat terjadi pelemahan dalam beberapa kurun waktu terakhir, tetap saja kebutuhan manusia untuk memiliki properti sebagai sarana tempat tinggal maupun investasi belum tergantikan.

“Oleh karenanya, IIPEX 2019 kami yakini mampu membawa efek ice breaking, tidak hanya bagi konsumen tetapi juga bagi para pengembang untuk menjadi subyek, pionir, dan proaktif dalam menjemput kebangkitkan ekonomi dan property market,” kata Eman, demikian dia akrab disapa, pada pembukaan IIPEX 2019 di Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Menurut dia, anggota REI setiap tahunnya berkontribusi sebesar 40 persen dari capaian Program Sejuta Rumah, yang merupakan upaya kongkrit REI sebagai partner terdepan pemerintah dalam penyediaan rumah rakyat.

IIPEX 2019 dibuka secara resmi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, pada opening ceremony yang berlangsung pada 25 September 2019 di Main Stage, Hall A JCC. Di opening ceremony ini dihubungkan melalui teleconference secara serentak di empat kota lainnya.

Dalam pameran IIPEX 2019, sedikitnya ada 200 pengembang yang ikut serta antara lain Ciputra Development, Jaya Real Property, Jababeka, Gapura Prima, Metland, Pollux Properties Indonesia, Perum Perumnas, Wika Realty, Swan City, hingga PP Properti.

Sekadar informasi, IIPEX 2019 menjadi ajang pameran yang pertama kali menghadirkan booth Kementerian ATR/BPN yang tampil bersama Bank BTN. Booth ini menawarkan berbagai layanan pertanahan dari kantor pertanahan se-DKI Jakarta. Mulai dari perubahan hak atas tanah, pengecekan sertifikat, pengecekan zona nilai tanah, serta sosialiasi mengenai Hak Tanggungan elektronik atau sistem HT-el.

Menteri Basuki dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin pada pembukaan IIPEX 2019 berharap pengembang dan perbankan dan stakeholder lainnya mengutamakan kualitas rumah subsidi.

“Kementerian PUPR melakukan pemantauan kualitas rumah subsidi sesuai dengan standar yang ditetapkan maupun pendataan pengembang rumah subsidi, selain melakukan pengawasan kepatuhan penghunian untuk memastikan penyaluran FLPP tepat sasaran,” kata Syarif Burhanuddin.

Penutupan IIPEX
Pada acara penutupan IIPEX 2019 yang berlangsung Minggu (29/9/2019), Wakil Ketua Umum DPP REI Ikang Fawzi mengungkapkan dengan capaian pameran yang cukup baik membuat REI optimistis kalau industri properti masih akan terus bergerak.

“Untuk itu kami berharap ke depannya dapat terus menyediakan wadah dan memfasilitasi pasar properti agar dapat terus berkembang,” ungkap Ikang.

Bersamaan dengan itu, juga diumumkan pencapaian IIPEX 2019 yang berhasil menarik pengunjung sebanyak 45.268 orang selama 9 hari penyelenggaraan dan mencatat transaksi sekitar Rp 450 miliar dengan lebih dari 500 unit terjual. Terdapat tiga developer dengan penjualan terbaik yaitu Lavon, Perumnas, dan Progress Group.

“Atas terjadinya force majeure (aksi demo) beberapa hari yang lalu yang berimbas hingga ke JCC, kami mengucapkan mohon maaf karena tidak dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Meski begitu, REI bekerjasama dengan Dyandra Promosindo dan Rumah.com telah melakukan extraordinary effort dalam mempromosikan pameran ini,” ujar Ikang Fawzi.

Terbukti angka transaksi ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu (REI Mega Property Expo) dan pengunjung juga mengalami peningkatan.

IIPEX 2019 ditutup dengan pengundian cashback, grand prize berupa 4 unit Solahart dan 1 unit Toyota New Avanza persembahan dari Astrido. Tercatat 15 orang sudah mendapatkan cashback uang tunai senilai masing-masing Rp 10 juta. Sedangkan grand prize mobil diraih oleh pengunjung dengan nomor kupon 03690 atas nama Romeli Santiago. (Teti Purwanti)