ISU GLOBAL

Kado Indah dari Andorra

Administrator | Jumat, 08 September 2017 - 14:09:26 WIB | dibaca: 599 pembaca

Prestasi membanggakan diraih Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) atau FIABCI Indonesia di bawah kepemimpinan Ketua Umum Soelaeman Soemawinata di ajang dunia FIABCI World Congress 2017 yang berlangsung dari 23-28 Mei 2017 di Centre De Congresso, Andorra La Vella. Di “panggung” bergengsi ini, Indonesia berhasil memboyong lima penghargaan sekaligusn dan satu medali kehormatan sebagai “kado” terindah ke Indonesia.

FIABCI World Congress 2017 Andorra diikuti oleh 550 peserta dari 66 negara anggota FIABCI Dunia, dan FIABCI Indonesia sendiri mengirim 38 delegasi untuk mengikuti ajang bergengsi yang tahun ini mengusung tema “Smart City, Smart buildings”.

Saat malam Gala Dinner FIABCI d’ Prix d Excellence Award 2017 yang dikenal sebagai malam penghargaan “Oscar”-nya di bidang real estat internasional, FIABCI Indonesia menerima lima penghargaan masing-masing dua medali perak untuk kategori Office Tower (Equity Tower), dan kategori Public Infrastructure (Jembatan Summarecon Bekasi).

Kemudian tiga medali emas untuk kategori Hotel (Hotel Raffles Jakarta milik Ciputra Group), kategori Convention Center (ICE BSD milik Sinar Mas Land), serta kategori Shopping Center (Sumarecon Mall Bekasi milik Summarecon Group).

Selain itu, kader terbaik REI, Rusmin Lawin yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Hubungan Luar Negeri dan FIABCI World Vice President for Asia Pacific Regional Committee mendapat FIABCI Medal of Honor yang disematkan oleh World President FIABCI 2017-2018 Farook Mahmood dari India.

Presiden FIABCI Indonesia yang juga Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata (2/6/2017) mengatakan FIABCI adalah asosiasi real estat tertua dan terbesar dunia yang harus bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk menggali pengetahuan, membangun jaringan internasional dan pengalaman dalam menghadapi era digital dunia. Bahkan yang terpenting adalah Indonesia harus terus menjaga eksistensinya di mata dunia.

“Alhamdulillah, REI atau FIABCI Indonesia sudah mendapat restu untuk menjadi Tuan Rumah Asia Pacific Real Estate Congress (APREC) 2019 di Jakarta,” ujar Soelaeman yang akrab dipanggil Eman tersebut.

Di perhelatan akbar perusahaan real estat sedunia itu, Presiden FIABCI Indonesia Soelaeman Soemawinata berkesempatan mengkampanyekan Program Sejuta Rumah (PSR) yang dicanangkan dan digalakkan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di hadapan pengusaha properti internasional, Eman mendorong pentingnya FIABCI juga memfokuskan program-programnya dalam pengembangan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan masyarakat miskin dunia (affordable housing program).

FIABCI Indonesia juga telah meyakinkan para eksekutif di FIABCI untuk memberikan penghargaan kepada para pengembang yang bergerak di rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah ini. Seperti diketahui, REI atau FIABCI Indonesia telah mengikrarkan diri mendukung program pemerintah dengan menjadi garda terdepan dalam pembangunan rumah rakyat. Tahun ini, REI menargetkan pembangunan 210.000 unit rumah rakyat di seluruh Indonesia.

Presiden FIABCI Dunia 2016-2017, Kirkor Ajderhanyan menyatakan kekagumannya kepada Pemerintah Indonesia dalam menjalankan program rumah rakyat, dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada FIABCI Indonesia (REI) yang telah mengambil bagian penting dalam mendorong program mulia tersebut.

Terkait pemberian FIABCI Medal of Honor kepada Rusmin Lawin dari Indonesia, Kirkor Ajderhanyan mengatakan, sebagai Penasihat Khusus Presiden FIABCI Dunia untuk Jepang Rusmin Lawin telah berjasa membangun fondasi hubungan yang progresif antara FIABCI Dunia dan para pemangku kepentingan real estat terkemuka di Jepang, yakni dengan enam Asosiasi Real Estate Jepang dan MIPIM Jepang. Puncaknya adalah keberhasilan FIABCI Dunia tampil sebagai pemangku kepentingan di MIPIM Japan Property Show di Osaka, pada September 2016.

Federasi Real Estat Dunia atau FIABCI didirikan tahun 1945 di Paris, Perancis, dan saat ini merupakan asosiasi real estat terbesar di dunia yang terdiri dari gabungan 120 asosiasi berbagai subsektor di industri real estat. Sekarang FIABCI memiliki perwakilan di 66 negara termasuk Indonesia. Dan FIABCI World merupakan satu-satunya asosiasi real estat yang ditunjuk sebagai consultative group oleh PBB dan mempunyai perwakilan tetap di PBB. RIN