Kilas Berita

Jalan Sehat Peringati Hapernas 2019

Administrator | Kamis, 16 Januari 2020 - 11:13:11 WIB | dibaca: 571 pembaca

Foto: Istimewa

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama stakeholder perumahan lain seperti Realestat Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) dan Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himppera) menggelar acara Jalan Sehat dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2019, Minggu (25/8/2019).

Hapernas menjadi momentum bagi seluruh stakeholder perumahan untuk mengingatkan pentingnya pemenuhan kebutuhan rumah sebagai hak dasar manusia.

“Sejuta rumah bisa..bisa..bisa. Terima kasih kepada BTN, REI, Apersi, Himpera dan stakeholder perumahan lainnya yang sudah mendukung acara ini. Kita satu tim dalam mewujudkan Program Sejuta Rumah,” pekik Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melepas peserta Jalan Sehat Hapernas 2019 yang diikuti ratusan pegawai Kementerian PUPR, asosiasi, dan perbankan. Peserta dilepas dari pelataran Kementerian PUPR.

Selain Menteri PUPR, tampak didaulat untuk turut melepas peserta jalan sehat adalah Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata, yang hadir didampingi Sekjen DPP REI Paulus Totok Lusida.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, Kementerian PUPR berterimakasih kepada para pengembang yang telah mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan ini sehingga ada jalinan silaturahmi antar pemangku kepentingan bidang perumahan di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini menjadikan kita tetap satu tim dalam mewujudkan Program Satu Juta Rumah untuk rakyat Indonesia. Terimakasih semoga kegiatan jalan sehat ini berjalan lancar dan hati-hati buat para peserta selama dalam perjalanan,” ujar Menteri Basuki.

Ketua Panitia Peringatan Hapernas 2019 yang juga Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan Dadang Rukmana menerangkan dalam kegiatan tersebut, para peserta menempuh perjalanan sepanjang 7 kilometer. Rute yang ditempuh di mulai dari Gedung G Kementerian PUPR kemudian menyusuri Jalan Pattimura dan memasuki kawasan car free day (CFD) di Jalan Sudirman dan kembali ke Jalan Sisingamangaraja menggunakan moda transportasi massa MRT dari Stasiun Setia Budi Astra dan turun di Stasiun ASEAN.

Tahun ini, imbuh Dadang, rangkaian peringatan Hapernas diadakan mulai tanggal 5 sampai tanggal 28 Agustus 2019 dengan beberapa acara, yaitu Sarasehan dan Peluncuran Buku, Lomba Foto Perumahan, Konferensi Pers, Lomba Gateball, Ziarah Makam Bung Hatta dan Makam Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat Cosmas Batubara, Groundbreaking Bayangkara, Praja dan Sriwijaya Land di Palembang, Jalan Sehat, Pameran, Festival Kuliner, Talkshow radio dan Sarasehan dan Peluncuran Buku Sejarah Perumahan serta Kamus Istilah Perumahan. (Rinaldi)