FIABCI

Delegasi Indonesia Hadiri Kongres Realestat Dunia di Paris

Administrator | Rabu, 12 Oktober 2022 - 10:05:39 WIB | dibaca: 71 pembaca

Foto: Istimewa

Federasi Realestat Dunia (FIABCI) menyelenggarakan 72nd Fiabci World Real Estate Congress 2022 di Paris, Prancis. Sebanyak 500 delegasi dari seluruh penjuru dunia hadir dalam kongres yang berlangsung pada 7 – 8 Juni 2022 tersebut.

“Tema kongres kali ini menggambarkan komitmen FIABCI untuk senantiasa berkontribusi dalam mewujudkan peradaban yang lebih baik. Selain itu, kita juga berkomitmen mendukung terciptanya lingkungan perkotaan yang lebih livable, hijau dan berkelanjutan,” papar World President FIABCI, Jordi Ribo, saat membuka gelaran 72nd World Congress FIABCI, di Hotel de Ville, Paris, Selasa, 7 Juni 2022. 

Presiden FIABCI Indonesia, Budiarsa Sastrawinata bersama 14 delegasi Indonesia lainnya ikut menghadiri kongres tersebut. “FIABCI Indonesia senantiasa berupaya memberikan kontribusi yang maksimal dalam penciptaan lingkungan hunian dan kota yang aman, nyaman dan kondusif,” ucap Budiarsa kepada Majalah RealEstat Indonesia. 

Menurut Budiarsa, seiring membaiknya kondisi kesehatan masya-rakat, kini sektor industri properti di tanah air kembali menggeliat. Apalagi, saat ini pengembang lebih memerhatikan aspek-aspek terkait kualitas hunian, lingkungan dan kawasan. 

“Khususnya untuk proyek-proyek yang sedang dalam tahap pengembangan. Hal ini sejalan dengan tema kongres kali ini yakni Build Better Lives,” tuturnya.

Sekadar informasi, Managing Director Ciputra Group ini terpilih sebagai World President FIABCI 2023 – 2024. Inaugurasi pada tanggal 6 Juni 2022 menandai Budiarsa secara resmi menjadi World President FIABCI Elect 2022–2023. Sedangkan pengukuhannya sebagai World President 2023 – 2024 akan berlangsung di Miami, Amerika Serikat, pada 2023 mendatang.

Pelantikan Budiarsa sekaligus mencatat-kan Indonesia sebagai negara yang me-mimpin organisasi global itu untuk ketiga kali sejak bergabung pada 1977. Dua kepe-mimpinan sebelumnya yaitu Ir Ciputra (1989 – 1990) dan Ferry Sonnevile (1995 – 1996). 

Selain itu, tokoh REI lainnya yakni Rus-min Lawin (Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Hubungan Luar Negeri) juga dilantik menjadi President FIABCI Regional Asia Pa-cific periode 2022 – 2023. Sebelumnya, dua tokoh REI pernah menjabat posisi ini yaitu Teguh Satria dan Soelaeman Soemawinata. 

Pada General Assembly Election FIABCI 2022, Indonesia juga sukses menempatkan Soelaeman Soemawinata sebagai Elected Board Member, Ignezsj Kemalawarta sebagai VP Legislation & Environtment Committee, Samuel S. Huang sebagai VP Exchanges Committee, serta Agussurja Widjadja sebagai VP Nomination Committee. 

FIABCI Award 
Sementara itu, produk properti besutan pengembang nasional kembali mendapat pengakuan internasional. Sebanyak lima proyek properti raih FIABCI Prix d’Excellence Award 2022 di acara 72nd FIABCI World Cong-ress di Paris, Prancis. 

“Pada penyelenggaraan FIABCI Prix d’Excellence Award tahun ini, proyek properti nasional memperoleh lima penghargaan yang sangat membanggakan. Semoga pada tahun-tahun mendatang kita dapat me-ningkatkan prestasi ini dan menunjukkan wolrd class quality produk realestat Indonesia kepada dunia,” papar Vice President FIABCI Indonesia, Meiko Handojo. 

FIABCI Prix d’Excellence Award merupa-kan sebuah penghargaan bagi pengem-bang yang secara konsisten dan disiplin mengutamakan sebuah keunggulan da-lam memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan pasar properti. Malam penganu-gerahan FIABCI Prix d’Excellence Award 2022 diselenggarakan di Lido Champs-Élysées (Lido de Paris). 

Menurut Meiko, kemenangan ini ten-tu merupakan hasil kerja keras dalam ber-proses dan bukan merupakan sebuah hal yang instan atau kebetulan belaka. 

“Kemenangan itu harus melalui proses perencanaan dan persiapan yang sungguh-sungguh dan bukan hanya impian. Selamat saya ucapkan sekali lagi untuk para peme-nang FIABCI Prix d’Excellence Awards ta-hun ini. Bagi yang belum menang, jangan menyerah karena masih ada kesempatan berikutnya,” ucap Meiko. 

Meiko mengajak para pengembang anggota Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) untuk mendaftarkan produk properti terbaiknya yang akan diseleng-garakan Agustus – November 2022. Nanti-nya pemenang akan diikutsertakan dalam FIABCI Prix d’Excellence Award 2023 yang akan diselenggarakan di Miami pada perte-ngahan 2023. (Oki Baren)


Sumber: