Kilas Berita

BSD City Bangun Ekosistem Digital Terdepan di Indonesia

Administrator | Selasa, 05 November 2019 - 10:05:15 WIB | dibaca: 163 pembaca

Foto: Istimewa

Sinar Mas Land (SML), pengembang kawasan BSD City memiliki visi untuk membangun ekosistem digital terdepan di Indonesia. Pengembangan ekosistem digital di BSD City akan berdampak kepada berbagai sisi kehidupan di Indonesia baik secara ekonomi maupun pendidikan.

Sejalan dengan visi tersebut, BSD City telah bekerja sama dengan sejumlah institusi pendidikan seperti Apple Academy, Binar Academy, Purwadhika, Techpolitan dan Creative Nest untuk menghadirkan institusi-institusi pendidikan digital terbaik.

Dalam jangka panjang, keberadaan institusi pendidikan digital ini akan mendukung permintaan perusahaan-perusahaan digital yang telah ada sebelumnya di BSD City terhadap talenta digital. Selain itu, keberadaan institusi pendidikan digital akan menarik para pelaku digital untuk belajar, berkreasi, berkarya di BSD City.

Keberadaan institusi pendidikan ini didukung oleh pemerintah. Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dalam pidatonya di Apple Graduation yang berlangsung di BSD City pada awal tahun ini mengatakan Indonesia membutuhkan 600.000 digital talent per tahun, baik untuk IoT (Internet of Things), artificial intelligence, big data analytics, robotic, dan beberapa silabus lainnya.

“Saya meminta kita fokus untuk menyiapkan digital talent di tingkat teknisi, sesuai dengan kebutuhan perusahaan besar seperti Microsoft, Cisco dan Google. Saya mengapresiasi Apple Academy yang ada di BSD City ini dapat turut berkontribusi,” ungkap Rudiantara waktu itu.

Selain Apple Academy, yang mencetak developer untuk aplikasi dengan sistem operasi berbasis iOS, BSD City menghadirkan beberapa institusi lainnya yang memiliki beragam program. Salah satunya adalah Purwadhika Startup and Coding School. Purwadhika memiliki program digital marketing, web development, user experience (UX) design, data science, coding dan game development.

Kemudian Binar Academy yang menawarkan program untuk coding, product owner, back end dan front end dan User Interface (UI) & UX design juga telah membuka kelasnya untuk pelajar dan professional di BSD City. Selanjutnya Techpolitan dengan fokus dalam pengajaran Coding Hypertext Preprocessor (PHP/untuk web development) dan Java (untuk Android), serta animasi 3D.

Yang terakhir Creative Nest Indonesia yang berfokus dalam pengajaran animasi, virtual reality, augmented reality, graphic design, game design, coding dan motion graphic juga memperkaya ekosistem digital di BSD City.

Institusi-institusi pendidikan tersebut saat ini berlokasi di berbagai tempat di BSD City seperti The Breeze dan Green Office Park. Namun dalam rencana jangka panjang, semua institusi pendidikan dan perusahaan berbasis digital akan ditempatkan di Digital Hub.

Kawasan ini dikembangkan oleh Sinar Mas Land, terinspirasi dari Silicon Valley di Amerika Serikat yang merupakan pusat komunitas dan bisnis digital pertama di dunia. (Rinaldi)