Jalan-Jalan

Bosan di Rumah, Glamping Seru Bisa Jadi Pilihan

Administrator | Rabu, 25 November 2020 - 10:21:15 WIB | dibaca: 142 pembaca

Foto: Istimewa

Banyak orang sudah mulai bosan di rumah saja dan kangen dengan alam terbuka. Hanya saja, menginap di hotel dengan pendingin udara yang kurang bersih dianggap masih terlalu berisiko. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk glamping alias glamour camping, yang lebih dekat dengan alam, namun dengan fasilitas relatif nyaman.

Banyak orang sudah mulai bosan di rumah saja dan kangen dengan alam terbuka. Hanya saja, menginap di hotel dengan pendingin udara yang kurang bersih dianggap masih terlalu berisiko. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk glamping alias glamour camping, yang lebih dekat dengan alam, namun dengan fasilitas relatif nyaman.

Berikut beberapa pilihan lokasi glamping yang sudah menerapkan protokol kesehatan yang aman buat liburan Anda semua pada era new normal ini.

Alang-Alang Nature Camp
Alang-Alang Nature Camp berlokasi di Bogor, Jawa Barat, dan tidak jauh bagi mereka yang tinggal di Jakarta. Meskipun konsep yang diusung adalah glamping, namun menginap di tempat ini tidak lagi menggunakan tenda. Melainkan sebuah saung beratap rumbia.

Sekilas memang tampak sederhana, namun di dalamnya fasilitasnya terbilang sangat lengkap. Ukurannya tidak besar, namun tetap terasa nyaman. Selain itu, ruang terbuka yang luas dan masih alami tentu akan sangat menyenangkan bagi anak-anak.

Dari lokasi ini, bisa sekaligus jalan-jalan ke beberapa lokasi air terjun untuk mengobati kerinduan akan alam usai menahan diri selam masa PSBB.

DeLoano Glamorous Camping
DeLoano Glamorous Camping atau sering disingkat DeLoano Glamping merupakan salah satu lokasi glamping yang paling terkenal. Letaknya di Purworejo, Jawa Tengah dan diresmikan secara khusus oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya pada 2019.

DeLoano juga sebelum dibuka kembali sangat diperhatikan mengenai protokolnya. Deloano memiliki 10 tenda siap inap, terdiri dari satu tenda VIP berkapasitas empat orang dan sembilan tenda reguler berkapasitas enam orang, menginap di sini sangat dekat dengan alam, namun anti ribet.

Tidak usah ragu mengenai glamping ini, karena dikelola oleh sinergi Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Perum Perhutani. Dari sini juga bisa sekaligus jalan-jalan di Purworejo dengan keindahan alamnya yang tidak usah diragukan lagi.

Bubble Hotel Nyang Nyang
Bubble Hotel Nyang Nyang memberikan sensasi berbeda karena menyediakan tenda berbentuk gelembung atau bubble tent, yang terletak di pinggir pantai dan juga hutan. Mereka juga menyediakan sebuah area private beach apabila bagi yang ingin coba berenang di era new normal.

Meski terasa terbuka karena gelembung, tidak usah khawatir karena tersedia tirai untuk tetap menjaga privasi selama menginap. Bubble Hotel Nyang Nyang terletak di Puri Bali Nyang Nyang, Jalan Raya Uluwatu Pecatu, Kabupaten Badung, Bali.

Glamping Lakeside Ciwidey
Masih di Jawa Barat, tepatnya di Kota Bandung juga memiliki banyak lokasi glamping yang menarik. Salah satunya berlokasi di Glamping Lakeside Ciwidey yang juga sudah menerapkan protokol kesehatan di dalam area wisata dan komit mematuhi aturan dari pemerintah terkait operasional tempat wisata.

Karena itu, restoran, area foto, hingga penginapan di Glamping Lakeside akan dibatasi jumlahnya hanya 50 persen dari kapasitas maksimal.

Glamping ini didominasi kebun teh dan udara segar di kawasan ketinggian Jawa Barat yang tentu tidak perlu diragukan lagi. Daya tarik lainnya adalah restoran di atas pinisi dengan suasana pegunungan yang jarang ditemukan di daerah lain.

Watukaka Resort
Bukan hanya di Jawa dan Bali, di Nusa Tenggara Timur (NTT) glamping juga sudah tersedia di Gaura, Laboya Barat, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Watukaka Resort. Watukaka Resort merupakan sebuah resor yang terletak di barat daya Pulau Sumba.

Properti ini menawarkan empat Luxury Suites Tent di puncak tebing yang dikelilingi hutan dan menghadap lautan. Masing-masing tenda memiliki fasilitas AC, Wi-Fi, serta kasur ukuran queen yang bisa membuat kamu lupa kalau sedang menginap di tenda.

Beragam aktivitas seperti trekking, spa, berkuda, hingga berselancar bisa kamu nikmati saat menginap di Watukaka Resort. Meski sudah memiliki protokol kesehatan, pastikan kamu terbesa dari virus agar tidak menulari orang lain di NTT yang relatif sedikit orang yang terjangkit virus corona. Jadi, tunggu apalagi? (Teti Purwanti)
 
Sumber: