TOPIK KHUSUS

Berebut Hati Konsumen

Administrator | Rabu, 18 November 2020 - 13:53:34 WIB | dibaca: 42 pembaca

Foto: Istimewa

Bukan pengusaha kalau menyerah dengan keadaan. Begitu pun di tengah pasar properti yang terpuruk terutama akibat dampak mewabahnya Covid-19 ternyata tidak membuat pengembang patah arang. Beragam jurus marketing gimmick pun dikeluarkan dengan satu tujuan untuk merebut hati (minat) konsumen.

Strategi pemasaran tersebut dari mulai kemudahan cara pembayaran, cashback, diskon, serta hadiah langsung yang menarik. Semua ilmu memikat itu dipilih karena pengembang memang tidak bisa menggunakan cara yang biasa seperti pameran, penyebaran brosur atau mengundang orang hadir di open house proyek akibat adanya pembatasan aktivitas sosial dan bisnis. 

Apa saja taktik penjualan pengembang di tengah kondisi pandemi sekarang?

Emiten properti PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland misalnya di tengah masa adatasi kebiasaan baru (new normal) menawarkan hampir semua jurus pemasaran dari mulai diskon hingga Rp 500 juta, keringanan biaya untuk BPHTB, KPR, Akta Jual Beli Tanah (AJB) hingga menyiapkan hadiah menarik berupa kitchen set, dan air conditioner (AC).

Program ini diberlakukan di seluruh proyek residensial dan apartemen Metland yaitu Metland Menteng, Metland Puri, Metland Transyogi, Metland Cileungsi, Metland Tambun, Metland Cibitung, Metland Cyber City, M Gold Tower dan Kaliana Apartment.

“Produk yang bisa diperoleh dari program mulai dari rumah ready stock, rumah indent, unit apartemen, kavling dan ruko,” ujar Director and Corporate Secretary at Metland, OIivia Surodjo dalam siaran persnya, baru-baru ini.

Selain melakukan promosi dan strategi pemasaran digital, Metland juga memberikan stimulus tambahan agar dapat menumbuhkan kembali daya beli masyarakat.

PT Modernland Realty Tbk juga menggelar “Promo Merdeka” dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, dengan memberikan diskon produk-produk properti yang dipasarkan.

Selain proyek Jakarta Garden City, Modernland juga memberikan diskon untuk produk-produknya di proyek Kota Modern di Kota Tangerang dan ModernHill di Pondok Cabe, Tangerang Selatan besar diskon bervariasi dari 22%-45%.

“Kami berharap promo ini dapat menarik masyarakat untuk kembali berinvestasi properti,” kata Helen Hamzah, Director Marketing Urban Development PT Modernland Realty Tbk.

PT Intiland Development Tbk bahkan sampai menggandeng Bank BTN menawarkan Program 3 on 3. Ini adalah program promo penjualan spesial yang menawarkan banyak kemudahan bagi transaksi kepemilikan hunian masyarakat di saat masa pandemi Covid-19.

Selain bunga cicilan ringan hanya 4,99% fixed 2 tahun, uang muka ringan, juga diberikan proses persetujuan kredit yang cepat. Benefit lain adalah bebas biaya provisi, administrasi, dan appraisal. Program 3 on 3 berlaku mulai September–Desember 2020, dan khusus untuk pengajuan KPR sampai bulan September, konsumen mendapatkan diskon asuransi jiwa sebesar 20%.

“Program 3 on 3 bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat memiliki produk-produk yang dikembangkan Intiland di wilayah Tangerang, Banten,” ungkap Corporate Secretary Intiland, Theresia Rustandi, dalam siaran persnya.

Tiga proyek hunian di Tangerang itu yakni perumahan Magnolia Residence di Jatake, Talaga Bestari di Cikupa, dan apartemen Aeropolis Residence di dekat bandara internasional Soekarno-Hatta.

Tanggung Cicilan
Strategi menarik juga dilakukan oleh PT Tajur Surya Abadi, pengembang perumahan Royal Tajur. Mengusung tajuk “Merdeka Cicilan” hingga tahun depan, developer ini membayari cicilan (bukan libur) konsumennya sampai 8 bulan, dan memberikan jaminan sewa (khusus apartemen fully furnished) hingga 2 tahun. Konsumen hanya membayar DP 10% senilai furniture dan elektronik.

“Sejak Maret 2020, rata-rata developer memangkas budget marketingnya. Kegiatan pameran, pembuat flayer, dan billboard berkurang drastis, bahkan tidak ada. Nah, anggaran marketing dan promosi dari Maret hingga Desember tahun ini itulah yang sekarang ingin kami berikan ke konsumen, yaitu dengan menanggung cicilan mereka selama 8 bulan,” kata Hendra Gunawan, General Manager Royal Tajur kepada media.

Sementara itu, pengembang PT Cipta Harmoni Lestari, anak usaha Harita Group yang mengembangkan perumahan premium The Sanctuary Collection di Sentul, Bogor-Jawa Barat, memilih menggandeng Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan kepada konsumen yang ingin melakukan pembelian melalui kredit kepemilikan rumah (KPR).

Melalui kerjasama ini, konsumen The Sanctuary Collection dapat memperoleh kemudahan dan sejumlah promo menarik. Bukan hanya dari sisi harga, tetapi juga kemudahan proses KPR dengan suku bunga bervariasi mulai dari 4,59% fixed 1 tahun, 5,99% fixed 3 tahun, dan 9,99% fixed 10 tahun.

The Sanctuary Collection merupakan proyek perumahan seluas 25 hektar di kawasan Sentul Selatan, Bogor. Hunian mewah ini dikembangkan secara joint venture oleh PT Cipta Harmoni Lestari dengan dua pengembang asal Singapura Perennial Real Estate Holdings Limited dan CNQC.

“Di tengah situasi pandemi, kami juga hadir dengan konsep ecoliving yang menghadirkan rumah nyaman dan ramah lingkungan,” kata Chief Marketing Officer The Sanctuary Collection, Setia Iskandar Rusli dalam rilisnya.

Yang paling unik adalah yang dilakukan pengembang Apartemen Skandinavia Tangerang yang mulai Agustus 2020 memberikan pembeli hadiah berupa voucher sepeda senilai mencapai Rp 50 juta yang dapat digunakan untuk membeli sepeda di Build a Bike Jabodetabek.

Selain voucher sepeda, juga diberikan fasilitas IKKL atau service charge gratis selama 3 tahun. Selain itu diberikan pula voucher fully furnished by Fabelio senilai Rp40 juta untuk para konsumen.

“Dengan hadiah ini kami ingin penghuni nanti aktif dalam mendorong tren bersepeda di masyarakat, khususnya di daerah Tangerang dan sekitarnya,” kata Norman Eka Saputra, Direktur Marketing Apartemen Skandinavia. (Rinaldi)
 
Sumber: