Jalan-Jalan

Batam, Surga Pantai Yang Terpendam

Administrator | Jumat, 16 Oktober 2020 - 14:43:31 WIB | dibaca: 29 pembaca

Foto: Istimewa

Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di kenal sebagai kota industri yang maju. Kota berjuluk Bandar Dunia Madani ini terletak di lokasi strategis di jalur pelayaran internasional, serta berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Tak heran, jika kota pulau ini setiap akhir pekan selalu menjadi incaran para wisatawan termasuk dari kedua negeri jiran tersebut.

Namun, selama ini wisatawan lebih mengenal Batam dengan wisata belanja, hiburan atau kulinernya saja. Padahal, kota yang sering disebut sebagai “Singapura” kecil itu ternyata memiliki banyak sekali wisata alam khususnya pantai yang indah sekali. Selain wisata sejarah.

Berikut sejumlah pantai terbaik nan menawan di Batam yang kami rangkum buat Anda semua jika berkunjung ke Batam.

Pantai Marina
Ini adalah pantai yang paling populer di Batam. Lokasinya berada di kawasan Marina Water Front City dan masih termasuk bagian dari resort mewah. Pantai Marina hampir selalu ramai terutama saat akhir pekan dan hari libur. Air laut yang bersih dan pasir pantai berwarna putih menjadi pemandangan indah di sini.

Berbagai fasilitas penunjang rekreasi juga sudah lengkap di pantai ini dari mulai kuliner, permainan anak, hingga berbagai permainan air.

Pantai Melur
Pantai ini berlokasi di Desa Sijantung, Galang. Anda bisa menyewa kendaraan atau mengendarai transportasi umum selama kurang lebih satu jam perjalanan dari Bandara Hang Nadim. Posisi pantai ini berada di bagian selatan Pulau Batam.

Pantai Melur memiliki hamparan pasir putih bersih dan air laut kebiruan. Ombaknya cenderung tenang dan kedalaman lautnya cukup landai tanpa karang, sehingga cocok bagi Anda yang ingin berenang atau sekadar bermain air. Banyak warung aneka seafood di sini, sehingga setelah lelah berenang Anda dapat langsung mengisi perut.

Pantai Tanjung Bemban
Pantai Tanjung Bembang menjadi salah satu ikon wisata bahari Batam. Air lautnya cukup jernih dan pasir pantainya pun bersih.

Pantai yang berada di kawasan Batu Besar, Nongsa ini juga bisa dibilang cukup ramai terlebih di akhir pekan.

Dari bibir pantai Anda bisa melihat aktivitas lalu lintas laut berbagai jenis kapal yang berlayar, mulai dari kapal kargo, kapal tanker, hingga kapal feri. Kapal-kapal ini sebagian besar sedang berlayar menuju Malaysia atau Singapura.

Pantai Pulau Abang
Masih di sebelah selatan Batam, terdapat sebuah pulau yang asyik untuk dijelajahi yaitu Pantai Pulau Abang. Pulau ini dapat dijagkau dengan naik perahu dari Jembatan 6 Barelang. Pantai di Pulau Abang cenderung lebih sepi sehingga cocok bagi wisatawan yang mendambakan ketenangan.

Daya tarik pantai ini terletak pada keindahan bawah lautnya. Pengunjung bisa melakukan diving atau snorkeling untuk menyaksikan sendiri keindahan ciptaan Tuhan tersebut.

Pantai Sekilak
Bagi yang liburan ke Batam menggunakan pesawat, Anda bisa sampai di Pantai Sekilak dengan berkendara sejauh kurang lebih 5 km. Sedangkan dari Pelabuhan Batam Centre, jarak tempuhnya sekitar 8 km.

Pantai Sekilak cukup berbeda dari kebanyakan pantai di Batam karena kawasan pantainya dikelilingi oleh banyak bebatuan.

Karena lokasinya yang berada di Teluk Penyu, membuat Pantai Sekilak turut menjadi kawasan penangkaran penyu sejak bertahuntahun lalu.

Pantai Nongsa
Pantai Nongsa berada di Kecamatan Nongsa, tepatnya di sebelah timur laut Batam. Lokasinya sangat mudah dicapai karena bisa ditempuh kurang lebih 10 menit berkendara dari bandara.

Selain menyuguhkan pemandangan khas laut, di Pantai Nongsa kamu juga bisa menikmati lanskap Singapura karena jaraknya yang cukup dekat. Pantai Nongsa dikenal sebagai wisata yang ramah keluarga karena ombak di sini cenderung tenang.

Makam Nong Isa
Masih di kawasan Nongsa, Anda dapat sekalian berziarah ke makam tokoh yang dianggap sebagai pendiri Kota Batam. Makam Nong Isa, demikian masyarakat sekitar menyebutnya, menjadi salah satu ikon wisata sejarah andalan saat berada di Batam. Nama Nongsa sendiri dipercaya berasal dari panggilan nama tokoh ini.

Menurut catatan-catatan sejarah, Nong Isa memiliki nama Raja Isa bin Raja Ali dan merupakan salah satu penguasa yang pertama yang ada di Pulau Batam. Sekitar 1829, Nong Isa mendapatkan sebuah mandat dari Sultan Riau dan juga diberikan perintah oleh Muda Riau VI agar memerintah di Nongsa dan wilayah sekitarnya.

Surat mandat yang diberikan kepada Nong Isa tersebut dikeluarkan pada 22 Jumadil Akhir 1245 Hijriah atau 18 Desember 1829. Tanggal tersebut juga yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Kota Batam. (Rinaldi/berbagai sumber)