INFRASTRUKTUR

Akhir 2021, Delapan Ruas Tol Baru Siap Beroperasi

Administrator | Rabu, 09 Maret 2022 - 09:57:18 WIB | dibaca: 122 pembaca

Foto: Kementerian PUPR

Sejumlah ruas jalan tol baru dapat dioperasikan sebagian pada akhir tahun ini. Dari 8 ruas jalan tol baru tersebut, sebanyak 5 ruas tol diantaranya merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera.

Sekretaris Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Suroto menjelaskan, kehadiran jalan tol yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut akan membantu peningkatan konektivitas antar wilayah serta kawasan industri, pariwisata, bandara, serta pelabuhan.

“Tambahan jalan tol baru yang dapat selesai dan beroperasi sebagian pada akhir 2021 tersebut diharapkan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Suroto dalam keterangan persnya, baru-baru ini.

Kedelapan ruas tol yang dapat beroperasi sebagian pada akhir tahun ini yaitu tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 1,2,3; tol Cibitung-Cilincing Seksi 2,3; tol Serang-Panimbang Seksi 1; tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1; tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2; tol Padang-Pekanbaru (ruas Pekanbaru-Bangkinang), tol Bengkulu-Taba Penanjung, serta tol Binjai-Langsa (seksi Binjai-Stabat).

Lebih lanjut Suroto menjelaskan, KPPIP telah berperan dalam proses prioritisasi anggaran untuk pengadaan tanah dan debottlenecking isu-isu yang terjadi sepanjang proses pembangunan jalan tol sebagai upaya percepatan penyelesaian PSN Jalan Tol. KPPIP juga berkolaborasi penuh dengan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam proyek-proyek PSN.

Koordinator Project Management Office (PMO) KPPIP Sektor Jalan Tol, Kenwie Leonardo, menjelaskan adapun ruas jalan tol yang selesai sepenuhnya yaitu tol Cinere-Serpong dan tol Manado-Bitung.

Selesainya tol Cinere-Serpong akan melengkapi jaringan JORR II yang dapat memangkas waktu tempuh dan memperlancar mobilitas masyarakat dan logistik, serta menumbuhkan potensi sentra ekonomi baru di sepanjang Serpong, Pamulang, Cinere, Bogor, dan Ciawi.

“Jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara juga akan selesai sepenuhnya pada akhir tahun ini. Tol itu diharapakan meningkatkan konektivitas wilayah dan daya saing investasi di tingkat provinsi, serta menumbuhkan potensi baru pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Sulawesi utara,” imbuh Kenwie.

Terus Dikebut
Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengebut pembangunan jalan tol Trans Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh sepanjang 3.044 kilometer.

Khusus di Provinsi Sumatera Selatan, saat ini tengah diselesaikan pembangunan Ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) seksi 2-3 tahap II segmen Palembang (Keramasan)-Betung sepanjang 69,19 km. Penyelesaian segmen Palembang-Betung akan melengkapi ruas seksi 1-2 segmen Kayu Agung-Palembang (Keramasan) yang telah selesai tahap 1 sepanjang 42,5 km dan diresmikan pada Januari 2021 lalu. (Rinaldi)
 
Sumber: