Kilas Berita

5 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Administrator | Senin, 04 Desember 2017 - 10:21:38 WIB | dibaca: 753 pembaca

Hunian yang nyaman tidak hanya dinilai dari kondisi properti yang dimiliki untuk didiami. Akan tetapi, hal tersebut turut dipengaruhi oleh keadaan serta kondisi dari wilayah hunian itu sendiri.

Berbicara mengenai kota layak huni, tidak sedikit kriteria yang pernah dirilis oleh beberapa ahli perencanaan kota terkait hal tersebut. Namun, pada dasarnya, ada lima kriteria dasar yang dapat dijadikan parameter dalam menilai sebuah kota dapat dikatakan layak huni atau tidak. Kelima kriteria tersebut adalah stabilitas, infrastruktur, pendidikan, layanan kesehatan, dan lingkungan.

Berdasarkan kriteria dasar tersebut, berikut lima kota paling layak huni di dunia menurut Economist Intelligence Unit (EIU).

1. Melbourne

Ibu kota negara bagian Victoria di Australia ini sudah beberapa kali menyandang predikat sebagai kota paling layak huni di dunia. Pantas saja, kota ini memiliki banyak ruang terbuka hijau. Selain itu, pusat-pusat kebudayaan juga tersebar di kota terpenting kedua dari segi bisnis di Australia ini. Yang tidak kalah penting adalah, Kota Melbourne terkenal dengan keamanannya serta warganya yang ramah.

Dari segi infrastruktur dan sarana transportasi, keberadaan trem yang menghubungkan pusat kota dengan kawasan lain menjadi kenyamanan tersendiri untuk berdiam di Melbourne.

Dalam pendidikan, tingginya tingkat dan minat baca warga Melbourne yang ditunjang dengan adanya fasilitas perpustakaan umum yang canggih telah mengantarkan kota ini meraih penghargaan sebagai kota literatur terbaik dari UNESCO. Predikat ini jugalah barangkali yang menjadikan Melbourne sebagai salah satu kota tujuan favorit dalam menuntut ilmu bagi mahasiswa internasional. Hal itu tentunya selain keberadaan kampus-kampus dengan kualitas yang mampu bersaing dengan daerah lainnya.

2. Wina

Perusahaan konsultan Mencer menobatkan Wina sebagai kota dengan kualitas hidup terbaik. Predikat itu jelas membuat Wina menjadi kota yang sangat layak untuk ditinggali. Ibu kota federal Republik Austria ini dikenal juga sebagai kota budaya. Sebab, kota ini telah menjadi kelahiran dan tempat berkarier bagi musisimusisi ternama. Sebut saja Johann Strauss, Mozart, dan Beethoven.

Penduduk Kota Wina sangat menggemari kegiatan jalan-jalan. Hal itu tidak terlepas dari ketersediaan infrastruktur bagi kegiatan favorit warga kota ini. Pemerintah setempat merancang obyek-obyek wisata yang menunjang kegiatan jalanjalan. Selain itu, kota yang penuh dengan bangunan arsitektur kuno ini juga dikenal sebagai kota wisata terbaik di dunia karena memiliki sistem dan sarana transportasi yang sangat baik. Semua lokasi tempat wisata bisa diakses dengan kereta api.

3. Vancouver

Kota di Provinsi British Columbia, Kanada, ini dikenal di dunia internasional karena keindahan alamnya. Hal itu, salah satunya, dibuktikan dengan keberadaan Stanley Park-salah satu taman terbesar di Amerika Utara—di kota metropolitan terbesar di Kanada bagian barat tersebut. Selain itu, pegunungan pesisir utara juga menjadi pemandangan lanskap dari kota yang dikelilingi banyak perairan ini.

Vancouver masuk dalam daftar kota yang paling layak huni karena memliki sarana dan fasilitas yang baik untuk warganya ataupun turis yang berkunjung, seperti taman, transportasi umum, dan perpustakaan yang memadai. Dalam hal pendidikan, Vancouver memiliki kampus, seperti University British Columbia (UBC), yang dapat diunggulkan untuk bersaing dengan kampus negara lain. Kampus tersebut secara konsisten menjadi universitas riset terkemuka di Kanada.

4. Toronto

Toronto merupakan kota nyaman yang kaya akan unsur seni. Kota terbesar di Kanada ini memiliki ruang terbuka hijau yang nyaman untuk disinggahi, fasilitas hiburan yang memadai, serta arsitektur kota yang indah. Ibu Kota Provinsi Ontario ini menjadi tuan rumah bagi berbagai festival, termasuk festival film ternama di dunia, yaitu Toronto International Film Festival.

Selain alasan tersebut, Toronto menjadi kota yang layak huni karena mampu menjadi wadah bagi diversitas etnis penduduknya untuk hidup rukun dan damai. Hampir dari separuh penduduk Kota Toronto adalah pendatang. Lebih dari 200 etnis berdiam di Toronto dengan bahasanya masing-masing. Hal itu mengantarkan Toronto pada posisi kedua sebagai kota paling multikultural sedunia pada 2004 lalu.

5. Adelaide

Kota dengan populasi terbesar kelima di Australia ini dikenal juga sebagai kota 20 menit. Sebab, di kota ini semua tempat bisa dicapai dalam waktu kuranglebih 20 menit. Keberadaan ruang terbuka hijau yang tersebar di seluruh kota, keramahan warga, serta kondisi jalanan yang bersahabat telah menjadi bagian dari alasan untuk menjadikan kota ini sebagai kota yang layak untuk ditinggali.

Adelaide juga menjadi kota favorit pelajar di Australia. Hal tersebut tentu karena kualitas pendidikan yang ditawarkan di kampus kota itu mampu bersaing dengan kampus-kampus daerah lainnya. Selain itu, biaya hidup yang murah barangkali menjadi alasan bagi mahasiswa internasional dalam menggemari Adelaide sebagai kota tujuan dalam menuntut ilmu. TPW/Berbagai sumber