Kilas Berita

2019, Cowell Development Targetkan Pendapatan Tumbuh 15 Persen

Administrator | Senin, 04 November 2019 - 14:13:58 WIB | dibaca: 178 pembaca

Foto: Istimewa

Sudah hampir dua tahun terakhir, PT Cowell Development Tbk (COWL) “puasa” meluncurkan proyek baru. Apalagi tahun ini, pengembang tersebut masih fokus pada dua proyek yang sudah berjalan (eksisting) yang harus diselesaikan. Meski begitu, pengembang ini optimis pertumbuhan pendapatan bisa mencapai 15% di 2019.

Pada tahun ini, Cowell menargetkan pendapatan bisa sekitar Rp459,98 miliar hingga Rp480,89 miliar. Sementara itu, dari pra-penjualan atau marketing sales, perusahaan berharap bisa meraih Rp900 miliar pada tahun 2019.

Proyek-proyek yang akan berkontribusi terhadap marketing sales Cowell Development adalah pembangunan apartemen tower kedua bernama Acacia Tower dan perumahan The Banyan di kawasan mixed-use The Oasis, Cikarang, Jawa Barat.

Menurut Direktur Cowell, Firdaus Fahmi, kedua proyek tersebut sudah habis terjual pada akhir 2018. Kontributor marketing sales selanjutnya berasal dari proyek rumah tapak New Richwood dan rumah toko City Gate yang terletak di kawasan Borneo Paradiso, Balikpapan, Kalimantan Timur. Penyumbang marketing sales berikutnya adalah proyek Lexington Residence, Jakarta Selatan dan Serpong Park, Tangerang Selatan.

“Cowell Development sedang fokus menyelesaikan proyek-proyek yang memang harus diserahterimakan. Apartemen di Acacia Tower, The Banyan, dan lainnya kami selesaikan dulu lah. Alasannya sangat tepat kita fokus dulu. Mungkin tahun depan baru memikirkan proyek baru,” ucapnya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Menurutnya dia, semua proyek tersebut ditargetkan akan selesai paling lambat akhir 2020. Bahkan, pada tahun yang sama diharapkan juga sudah dilakukan serah terima unit kepada konsumen. “2020 akhir itu sudah harus selesai semua proyek,” imbuhnya.

Perusahaan ini juga akan mengandalkan pendapatan berulang dari pusat perbelanjaan Plaza Atrium dan gedung perkantoran Cowell Tower. Presiden Direktur Cowell Development, Darwin Fernandus Manurung menargetkan, pendapatan berulang dapat menyumbang 40%-50% dari total pendapatan tahun ini.

Per kuartal I-2019, Plaza Atrium Senen membukukan kenaikan pendapatan transaksi sebesar 9,2%. “Pencapaian ini adalah dampak positif dari adanya tenant mix yang tepat serta redesign yang baru dilakukan sebagai salah satu respons terhadap tren yang tengah berkembang di masyarakat,” kata Darwin. (Teti Purwanti)