FIABCI

20 Properti Terbaik Versi FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021

Administrator | Jumat, 25 Maret 2022 - 10:53:00 WIB | dibaca: 221 pembaca

FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 (Foto: Sandiyu Nuryono)

FIABCI indonesia dan Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) kembali menyelenggarakan FIABCI Indonesia-Rei Excellence Award 2021. Pengumuman dan penyerahan award kepada para pemenang digelar saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) REI 2021 yang digelar secara hibrid (offline dan online) di Ciputra Artpreneur Jakarta, Senin (20/12/2021).

DI 2021, sebanyak 20 proyek properti dari 14 kategori dinyatakan berhak atas penghargaan properti paling bergengsi tersebut. Disebut paling bergengsi karena produk properti yang menjadi pemenang di Indonesia nantinya akan diikutsertakan pada ajang penghargaan properti berkelas dunia, FIABCI Prix d’Excellence Award.

Doddy A. Tjahjadi, Ketua Panitia FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 mengatakan syarat-syarat penjurian dan penilaian di FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 seluruhnya mengacu kepada kriteria yang ditentukan pada FIABCI Prix d’Excellence Award.

“Selain kriteria yang ketat dan berstandar internasional, ujarnya, tim juri yang melakukan seleksi dan penilaian juga merupakan para pakar di bidang properti, perencana kota, arsitektur dan lingkungan,” ujar Doddy.

Adapun tim juri FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 antara lain Hari Ganie (Wakil Ketua Umum Koordinator DPP REI), Yofianto Soetono (Direktur PTI Architects), Handa Sulaiman (Vice Chairman Cushman & Wakefield Indonesia), Iwan Prijanto (Chair Person GBCI) dan Agnes Stephania (FIABCI/Ketua Tim Juri).

Seperti tahun lalu, FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 juga memberikan anugerah award untuk proyek-proyek rumah bersubsidi terbaik milik anggota REI. Terdapat sekitar 39 proyek perumahan subsidi dari berbagai daerah di Indonesia yang dianggap layak memperoleh anugerah ini.

Agnes Stephania, Ketua Tim Juri FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021, menjelaskan pihaknya di tahap akhir melakukan skoring untuk total 47 proyek yang terbagi dalam 14 kategori. Dari total proyek tersebut, 20 proyek dinyatakan memperoleh skoring tertinggi dengan rincian 9 gold winner, 6 silver winner, serta 5 proyek outstanding achievement.

“Rapat dewan juri berlangsung panjang dan alot karena beberapa kategori diwarnai persaingan ketat dan perbedaan skor yang tipis. Tapi ini sekaligus menjadi sinyal yang sangat baik dan memperlihatkan kalau proyek-proyek yang masuk adalah produk terbaik dan berkualitas,” ungkap dia.

Selain itu, menurut Agnes, di tahun ini untuk pertama kalinya terdapat banyak proyek BUMN yang masuk sebagai peserta, dengan proyek-proyek yang cukup bagus dan menarik. Secara keseluruhan, tim juri melihat pengembangan bangunan gedung dan kawasan di Indonesia semakin mengarah menuju sustainable development, dengan penekanan pada affordability dan inklusivitas sesuai misi World Habitat.

Budiarsa Sastrawinata, Presiden FIABCI Indonesia berharap para pemenang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 dapat mempersiapkan diri untuk melaju ke tingkat internasional dan berkontribusi dalam mengharumkan nama Indonesia di ajang FIABCI Prix d’Excellence Award yang diselenggarakan oleh Federasi RealEstate International (FIABCI).

“Selamat kepada para pemenang semoga terus berkarya menghasilkan produk properti bermutu. Ajang award ini sangat penting sebagai benchmark bagi pengembang-pengembang lain yang belum berhasil meraih FIABCI Indonesia-REI Excellence Award,” kata Budiarsa yang baru saja terpilih menjadi FIABCI World President Elect 2022-2023.

Tingkatkan Kolaborasi
Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para pemenang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021.

Award ini diharap memberikan hal positif terhadap industri properti nasional antara lain untuk memacu kualitas produk properti di dalam negeri, memberikan apresiasi kepada pengembang yang sudah mengembangkan produk terbaiknya, serta membuka kesempatan bagi pengembang nasional bersaing di tingkat dunia.

“Lebih jauh lagi, REI berharap lewat ajang ini semakin menambah optimisme pengembang untuk menjaga dan memanfaatkan momentum pemulihan pasar properti ke depan seperti diamanatkan Presiden Joko Widodo saat membuka Rakernas REI 2021 kemarin,” ujar Totok.

Dia juga kembali mengingatkan seluruh insan pengembang khususnya anggota REI untuk meningkatkan kolaborasi di tengah situasi seperti sekarang ini terlebih dalam ketidakpastian kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. (Rinaldi)
 
Sumber: